18 Mei 2024

`

Akhir Bulan Ini KORMI Jatim Gelar Festival Olahraga Masyarakat di Malang

1 min read

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR.COM – Komite Olahraga Masyarakat Indonesia (KORMI) Jawa Timur bakal menggelar Festival Olahraga Masyarakat Daerah (FORDA) pertama di Jawa Timur, 27-30 Mei 2023, di Kota Malang.

 

Ketua KORMI Jatim, Hudiyono, memimpin technical meeting Festival Olahraga Masyarakat Daerah (FORDA) pertama di Jawa Timur, yang aka digelar 27-30 Mei 2023 di Kota Malang.

 

GUNA memastikan teknis pelaksanaan,  seluruh cabang organisasi olahraga masyarakat (COOM) yang akan bertanding, menggelar technical meeting di Kota Malang  yang ditunjuk menjadi tuan rumah, Rabu (03/05/2023) siang.

Ketua KORMI Jatim, Hudiyono,  menerangkan, total ada 20 kabupaten/kota yang telah terbentuk KORMI di Jawa Timur  dan mendukung FORDA.  Sedangkan  jumlah COOM yang terlibat, sebanyak  31, terbagi menjadi 108 jenis olahraga atau jenor yang dipertandingkan. Sedangkan jumlah peserta,  sekitar 2.200 pegiat olahraga masyarakat.

“Ini adalah FORDA yang pertama kali digelar di Jawa Timur setelah sempat tertunda karena pandemi. Alhamdulillah, Ibu Gubernur Jawa Timur telah menyetujui digelar di Kota Malang,” terang Hudiyono,  Kamis (04/05/2023).

Dia menjelaskan, untuk pertandingan FORDA, dibagi menjadi tiga komisi. Pertama, Komisi Olahraga Tradisional dan Kreasi Budaya (OTKB). Mempertandingkan banyak jenis olahraga, mulai layang-layang, panah tradisional, sepeda tua, hingga olahraga tradisional,  seperti hadang atau gobak sodor, balap trompah panjang, dan balap egrang.

Kedua, Komisi Olahraga Petualangan dan Tantangan (OPT), seperti breakdance, airsoft gun, orientering mencari lokasi dengan membaca kompas, hingga binaraga tradisional.  Ketiga, Komisi Olahraga Kesehatan dan Kebugaran (OKK),  seperti senam hingga dansa.  “Semoga dengan adanya FORDA ini, olahraga masyarakat di Jawa Timur bisa semakin digemari,” pungkasnya. (aji/mat)