WNA Malaysia Selundupkan Setengah Kilogram Sabu

SURABAYA, TABLOIDJAWATIMUR. COM – Warga negara asing (WNA) asal Malaysia ditangkap dan diamankan Bea Cukai Juanda dan Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Jawa Timur di Bandar Udara Juanda Sidoarjo Jawa Timur. WNA yang dari identitasnya diketahui bernama Cheach Koon Long ini nekat menyelundupkan narkotika jenis sabu. Dan tak tanggung-tanggung, sabu yang hendak diselundupkan ke Indonesia ini seberat 500 gram.

 

 

Tersangka WNA saat diamankan dan diperiksa serta BB sabu yang diamankan.

WNA berusia 41 tahun yang diamankan di Terminal Dua Bandar Udara Juanda, atau sesaat setelah turun dari pesawat Air Asia yang membawanya dari Kuala Lumpur Malaysia, langsung menjalani pemeriksaan di ruangan Bea Cukai Bandar Udara Juanda. Modus Koon Long dalam menyelundupkan sabu seberat lebih dari setengah kilogram ini, dengan cara direkatkan di perut dengan menggunakan isolasi dan kain.

Setelah terbukti dengan ditemukannya barang bukti sabu, WNA Koon Long dibawa dan diamankan di kantor BNNP Jawa Timur. “Berkat kerjasama Bea Cukai dengan kita (BNNP,red), kita berhasil menggagalkan upaya penyelundupan sabu dari Malaysia. Dimana tersangka kita amankan di Terminal Dua Bandar Udara Juanda sesaat setelah turun dari pesawat,” jelas Kabid Pemberantasan BNNP Jawa Timur, AKBP Wisnu Chandra kepada wartawan, Rabu (28/11).

“Modus penyelundupan sabu yang dilakukan WNA, yang dari paspornya diketahui beralamat di Perak Malaysia ini, dengan direkatkan di perut menggunakan isolasi dan kain, yang kata orang jawa seperti memakai stagen,” ungkap Wisnu. Selain barang bukti sabu, BNNP Jawa Timur juga mengamankan uang tunai sebesar 4 juta rupiah, paspor, tiket penerbangan dan telepon genggam.

BNNP Jawa Timur menduga kuat, WNA ini masuk dalam jaringan besar sabu asal Malaysia. “Sabu ini memiliki kualitas bagus dan harganya bisa mencapai lebih dari 700 juta rupiah. Kuat dugaan sabu ini hendak dikirim ke seorang bandar, yang bisa saja berasal dari Jawa Timur,” imbuh Wisnu. (ang)