TABLOID JAWA TIMUR

Informasi Daerah Jawa Timur

Ketua PMI Kabupaten Malang Dr. H. Rendra Kresna.

PMI Kabupaten Malang Segera Bangun Rumah Sakit

*Reporter : jull dian

MALANG, TABLOID JAWA TIMUR.COM – Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Malang, Jawa Timur  akan segera membangun rumah sakit. Rencana ini sudah bukan wacana, namun segera direalisasikan, karena sudah membeli tanah.

 

Ketua PMI Kabupaten Malang Dr. H. Rendra Kresna.

HAL INI disampaikan Ketua PMI Kabupaten Malang, Dr. H. Rendra Kresna ditemui usai peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional (HKBN) 2018 di markas PMI Kebonagung, Kecamatan Pakisaji, Kabupaten Malang, Kamis (26/04/2018).

“Itu sudah bukan wacana lagi, tapi sudah tahap realisasi,  karena saat ini PMI Kabupaten Malang sudah membeli tanah untuk pendirian rumah sakit itu, ” kata Rendra Kresna.

Tanah yang bakal menjadi RS PMI tersebut terletak di kawasan Jalinbar (Jalur Lingkar Barat) Kecamatan Kepanjen. Namun demikian belum bisa memastikan kapan rumah sakit itu akan dibangun. “Yang pasti pembangunannya kami targetkan secepatnya,” tegasnya.

Dia menambahkan,  untuk membangun sebuah rumah sakit bukan hal mudah. Butuh proses kajian dan analisa yang cermat terkait dengan AMDAL (Analisi Mengenai Dampak Lingkungan). Belum sekedar memikirkan  sarana penunjang,  baik sumber daya manusia maupun insfrastrukturnya.

Upacara peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional (HKBN) 2018 di markas PMI Kebonagung, Kecamatan Pakisaji, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Mengenai pembiayaan  pembangunan RS PMI, Rendra mengaku belum menyusun RAP (RencanaAnggaran Pembangunan). “Belum kalau masalah anggaran. Tapi kita akan meminta bantuan ke pusat maupun pihak lain yang peduli. Bisa juga bantuan dari pihak swasta,”ungkapnya.

Menurut Bupati Malang ini, saat ini, RS PMI di Indonesia baru ada satu buah. “Saat ini Rumah Sakit PMI di Indonesia hanya di Bogor. Perlu ada penambahan,  salah satunya di Kabupaten Malang ini,” tandasnya.

Diharapkan,  dengan cepat terbangunnya RS PMI di Kabupaten Malang, akan semakin meningkatkan tingkat kesejahteraan masyarakat, baik dari segi pelayanan kesehatan maupun dari segi ekonomi. Sebab, dengan adanya RS PMI, secara otomatis akan membuka lapangan pekerjaan baru.  (*)