Pilkada Kabupaten Malang : Umar Siap Lepas Ketua PCNU

Umar Usman.

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR. COM – Salah satu bakal calon Bupati Malang, Jawa Timur, dr. Umar Usman, siap bertarung pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Malang yang akan dilaksanakan serentak se Indonesia, 9 Desember 2020. Bahkan, dia siap mundur dari Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Malang.

 

“BILAMANA saya ditunjuk untuk maju sebagai calon bupati dari partai (PKB), insyaallah siap lahir batin. Ini dalam rangka mengabdi kepada Nahdlatul Ulama (NU), para tokoh masyarakat, dan mengabdi kepada rakyat Kabupaten Malang. Insyalllah siap. Kita persiapkan dengan matang, baik fisik, tenaga, dan siap berjuang,” kata Umar Usman, Kamis (09/07/2020) siang.

Mantan Ketua GP Ansor Kabupaten Malang ini juga siap mundur dari jabatannya sebagai Ketua PCNU Kabupaten Malang. “Persaratan sudah jelas. Bilamana kita mencalonkan diri menjadi bupati, kita harus mundur dari jabatan itu. Jadi, setelah pasangan calon (paslon) ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) menjadi pasangan yang sah, dipersilahkan mundur,” ujarnya.

Sementara itu, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang bakal mengusung dr. Umar Usman sudah  yakin dengan pilihannya. Wakil Sekretaris DPW PKB Jatim, Fauzan Fuadi menegaskan, Ketua PCNU Kabupaten Malang tersebut layak memimpin Kabupaten Malang.  Fauzan menilai,  Umar Usman merupakan sosok yang cakap dan mumpuni. “Kabupaten Malang butuh figur calon pemimpin yang istiqomah dan khusyuk berjuang bersama rakyat. Pemimpin yang bisa memberi teladan,” katanya.

Posisi Umar yang sekarang menjabat Ketua PCNU Kabupaten Malang, dinilai Fauzan Fuadi  menjadi  nilai plus yang luar biasa bagi Umar.  “Warga NU di Kabupaten Malang bersatu, saya kira beliau (Umar) akan unggul telak,” tegas Fauzan yang juga menjabat Ketua Lembaga Pemenangan Pemilu DPW PKB Jatim ini.

Terkait wakil yang akan mendampingi dr. Umar Usman, Fauzan tidak mau tergesa-gesa menyebut nama. Dia hanya mengatakan, calon wakil bisa dari internal partai (PKB) atau di luar partai. “Masih ditimang-timang. Top secret dulu ya, biar nanti jadi kejutan,” tandasnya. (roz/mat)