Musim Hujan, DPUBM Siapkan Peralatan dan Personil

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR. COM – Menghadapi musim hujan dengan intensitas curah hujan tinggi, Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga Kabupaten Malang, mempersiapkan peralatan dan personilnya, hal itu disampaikan Kepala DPUBM, Romdhoni, Rabu (5/12/2018).

 

 

Kondisi jalan yang tergenang air saat hujan turun.

SEHABIS mengikuti rapat koordinasi dengan para staff UPT (Unit Pelaksana Teknis) DPUBM kepada awak media, Romdhoni menjelaskan bahwa pihaknya meminta para jajaran UPT DPUBM agar menyiapkan peralatan dan personilnya untuk memantau kondisi jalan di wilayahnya.

Kepala Dinas PUBM Kabupaten Malang, Romdhoni.

“Hari ini kita membahas kesiapan kita menghadapi musim hujan, kita persiapkan peralatan tekhnis dan personil untuk siap siaga menghadapi musim hujan,”terang Romdhoni.

Menurut Kadis PUBM Kabupaten Malang, dalam musim hujan berintensitas tinggi, seringkali menyebabkan tergerusnya aspal jalan. “Untuk menganggani hal itu, tim salob (sapu lubang) kami stand by kan, namun bila kondisi rusaknya jalan agak parah maka tim teknis dengan peralatan lengkap akan kami terjunkan, agar perbaikan kondisi jalan segera bisa dilakukan,” paparnya.

Dia juga mengemukakan akan melakukan normalisasi drainase jalan. “Tentu normalisasi drainase jalan kita lakukan, namun baik untuk pemeliharaan mutu dan normalisasi jalan akan kita lakukan skala prioritas, karena terbatasnya anggaran. Akan kita pilah daerah mana yang lebih membutuhkan penanganan yang cepat dan mendesak, tentu akan kita dahulukan,” jelas Romdhoni.

Tidak hanya masalah kondisi kemulusan jalan yang menjadi perhatian DPUBM, masalah penerangan jalan dan pohon jugaa tidak luput dari pembahasan rapat yang diadakan di work shop DPUBM Kabupaten Malang yang terletak di Desa Karangduren, Pakisaji.

“Satgas PJU (Penerangan Jalan Umum) akan melakukan pemaprasan pohon di jalan milik Kabupaten, karena ini untuk keamanan para penguna jalan. Kalau untuk PJU tim Satgas kan melakukan pengecekan, agar penerangan jalan dimalam hari tidak terganggu,”ucap Romdhoni.

Bahkan DPUBM melakukan terobosan yang melibatkan peran aktif masyarakat, dengan menempelkan nomor WA petugas Satgas PJU. “Kita akan tempelkan nomor WA, petugas kita di titik potensial, dengan begitu jika ada PJU yang tidak berfungsi, masyarakat langsung bisa melaporkan ke kami, agar cepat tertangani,” pungkas Romdhoni. (diy)