18 Agustus 2022

TABLOID JAWA TIMUR

Informasi Daerah Jawa Timur

Sejumlah mahasiswa baru Universitas Widya Gama (UWG) Malang, Jawa Timur, yang menerima program beasiswa Kartu Indonesia Pintar (KIP) dari pemerintah pusat dan beasiswa Unggul Mulia dari kampus menandatangani pakta integritas.

Mahasiswa UWG Bebas SPP, DPP, dan Dapat Uang Saku Sampai Lulus

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR.COM – Program Kartu Indonesia Pintar (KIP) —-di era Presiden Susilo Bambang Yudhoyno lebih dikenal dengan nama BIDIKMISI (Biaya Pendidikan Mahasiswa Miskin Berprestasi)— di Universitas Widya Gama (UWG) Malang, Jawa Timur, sangat diminati mahasiswa. Buktinya, dari kuota 33 mahasiswa baru, peminatnya mencapai 200 orang.

 

Inilah sejumlah mahasiswa baru Universitas Widya Gama (UWG) Malang, Jawa Timur, yang menerima program beasiswa Kartu Indonesia Pintar (KIP) dari pemerintah pusat dan beasiswa Unggul Mulia dari kampus.

 

REKTOR UWG, Dr. Agus Tugas Sudjianto, ST,MT, menjelaskan, tahun 2021 ini, pihaknya tetap melaksanakan program KIP Kuliah (BIDIKMISI) yang disalurkan Kemendikbud melalui LLDIKTI di bawah koordinasi KOPERTIS Wilayah VII Jawa Timur. “Kuota peserta penerima program KIP Kuliah dari UWG pada tahun ini sebanyak 33 peserta. Namun  jumlah pelamar lebih dari  200  peserta.,” katanya, Kamis (26/08/2021) pagi.

Sejumlah mahasiswa baru Universitas Widya Gama (UWG) Malang, Jawa Timur, yang menerima program beasiswa Kartu Indonesia Pintar (KIP) dari pemerintah pusat dan beasiswa Unggul Mulia dari kampus menandatangani pakta integritas.

Dia menambahkan, panitia sudah melakukan seleksi secara ketat,  berdasarkan prestasi dan kemampuan ekonomi orang tua untuk menjaring calon penerima KIP Kuliah.

Menurut Agus Tugas Sudjianto, selain program bantuan biaya pendidikan KIP Kuliah, di UWG juga ada program bantuan pendidikan bagi calon mahasiswa yang memiliki prestasi dan dari golongan tidak mampu agar bisa kuliah  gratis. Namanya, beasiswa Unggul Mulia. “Intinya sama dengan KIP Kuliah. Mereka yang diterima akan dibebaskan dari biaya pendidikan (SPP dan DPP) sampai lulus hingga semester 8,” ujarnya.

Dari hasil seleksi calon penerima bantuan biaya pendidikan itu, pada 23 – 24 Agustus 2021, dilangsungkan penandatangan pakta integritas kepada para mahasiswa baru secara luring di Hall Convention Center Lantai 4 Gedung Baru UWG. Total ada 90 mahasiswa baru penerima program beasiswa KIP Kuliah dan beasiswa Unggul Mulia.

Rektor UWG, Dr. Agus Tugas Sudjianto, ST,MT

Rektor UWG, Dr. Agus Tugas Sudjianto, ST,MT, mengucapkan selamat dan sukses kepada para mahasiswa baru UWG yang mendapatkan program bantuan biaya pendidikan gratis, baik dari pemerintah maupun dari UWG “Anda termasuk orang-orang terpilih. mahasiswa baru terbaik yang telah diseleksi oleh Panitia Seleksi Beasiswa di UWG. Anda terpilih dari ratusan calon pelamar program beasiswa KIP Kuliah dan Beasiswa Unggul Mulia,” ujarnya.

Karena sudah  terpilih mendapatkan  program beasiswa, para penerima harus bisa menunjukkan prestasi yang lebih baik dari pada  mahasiswa UWG yang lain.

“Prestasi akademik pada setiap semester harus bisa dipertahankan, minimal 3.0 IPK. Anda juga berkewajiban mendukung program-program ORMAWA (Organisasi Kemahasiswaan) agar UWG  lebih maju, berkembang, dan dikenal masyarakat luas sebagai perguruan tinggi yang unggul,  baik nasional maupun internasional,” pinta rektor.

Bagi mahasiswa baru  yang menerima KIP Kuliah, selain gratis SPP dan DPP sampai lulus (semester 8), mereka juga akan mendapatkan uang saku yang besarannya tergantung dari hasil seleksi  (berdasarkan monitoring evaluasi saat pengirian form ajuan beasiswa KIP Kuliah).  (div/mat)