Libur Natal & Tahun Baru, Tiket KA Tersisa 45 Persen

SURABAYA, TABLOIDJAWATIMUR. COM – Libur Natal dan Tahun Baru, tiket kereta api untuk semua jadwal perjalanan kereta api di tiga stasiun besar di wilayah Daop 8 Surabaya, yakni Stasiun Surabaya Gubeng, Stasiun Pasar Turi dan Stasiun Kota Baru Malang, hanya tersisa 45 persen. Dari data Daop 8 Surabaya, tingginya pemesanan tiket kereta api ini terpantau hingga tanggal 5 Desember kemarin.

 

 

Suasana pelayanan tiket dan penumpang di Stasiun Surabaya Gubeng.

DIMANA tiket yang sudah terjual mencapai 236 ribu 858 tiket, sedangkan tiket yang masih ada dan belum terjual, sebanyak 212 ribu 485. Mayoritas pemesan tiket KA ini untuk jadwal keberangkatan lima hari menjelang natal, dan enam hari menjelang maupun sesudah tahun baru 2019. Artinya tiket yang sudah terjual di stasiun-stasiun besar yang ada di wilayah Daop 8 Surabaya, seluruhnya mencapai 55 persen.

“Ketersediaan tiket selama masa angkutan natal dan tahun baru tanggal 20 Desember 2018 hingga 6 Januari 2019, total tempat duduk yang disiapkan sebanyak 428 ribu 584. Dan terpantau hingga tanggal 5 kemarin, tiket yang terjual sebanyak 236 ribu 858. Sementara tiket yang ada sebanyak 212 ribu 485 tiket,” ungkap Manajer Humas Daop 8 Surabaya, Gatut Sutiyatmoko, Kamis (6/12).

Meskipun Okupansi atau ketersediaan tiket kereta api pada libur natal dan tahun baru, hanya tersisa 45 persen saja, namun jumlah ini dapat sewaktu-waktu berubah,mengingat tingginya jumlah penumpang memasuki masa libur natal dan tahun baru. Sementara untuk jumlah kereta api, tahun ini PT KAI Daop 8 Surabaya menyiapkan 89 keberangkatan KA, dari wilayah Daop 8 Surabaya, yang terdiri dari 83 perjalanan KA reguler, serta 6 perjalanan KA tambahan untuk melayani masyarakat yang ingin menggunakan jasa KA pada masa liburan akhir tahun ini. (ang)