Kompor Menyala Ditinggal, Rumah Kakek Ini Terbakar

Petugas PMK Kabupaten Malang dan masyarakat bergotong royong memadamkan api yang membakar rumah Senan, di Kebonsari, Tumpang, Malang, Selasa (11/08/2020) siang.

MALANG,TABLOIDJAWATIMUR. COM – Ketenangan warga Desa kebonsari, Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Selasa (11/08/2020) siang terusik. Ini setelah rumah Senan (78), warga Jl. Cempaka Kebon, Gg. Cepirin, desa setempat, terbakar sekutar pukul 10.10 WIB. Tak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Namun kerugian ditaksir mencapai Rp 20 juta. 

 

KEPALA Bidang Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran Satpol PP Kabupaten Malang, Goly Karyanto menjelaskan, pada Selasa siang, sekitar pukul 10.30 WIB, petugas pemadam kebakaran (PMK) yang sedang berjaga, menerima telepon dari Kepala Desa Kebonsari, Kecamatan Tumpang, Didik.

Rumah Senan, di Kebonsari, Tumpang, Malang, jadi arang setelah terbakar, Selasa (11/08/2020) siang.

“Kepada petugas jaga, dia melaporkan,  telah terjadi kebakaran rumah milik Senan, warga desa setempat.  Setelah mendapat laporan, Tim PMK yang dipimpin Bowo Suhasmanto sebagai Komandan Regu 1, sekitar pukul 10.35 WIB, langsung meluncur ke lokasi kebakaran dengan membawa 3 unit mobil pemadam kebakaran (damkar),” kata Goly Karyanto, Selasa   (11/08/2020) siang.

Tak butuh waktu lama bagi Tim Damkar Kabupaten Malang untuk sampai tempat kejadian perkara (TKP). Hanya dalam waktu sekitar 10 menit atau sekitar pukul 10.45 WIB, tim pemadam sudah tiba di lokasi kebakaran dan langsung melakukan tindakan pemadaman. Dengan bantuan warga dan peralatan yang sudah siap, para relawan kemanusiaan ini langsung memadamkan api yang membakar rumah berukuran 4,5 X 9 meter tersebut.

Setelah melalui perjuangan yang  tak terlalu lama, sekitar pukul 11.00 WIB, api berhasil dipadamkan. Namun untuk mengantisipasi agar tak terjadi kebakaran susulan, petugas melakukan pembasahan di beberapa titik kebakaran.

“Untuk penyebab kebakaran, sejauh ini masih dalam penyelidikan petugas berwenang. Namun diduga api berasal dari kompor yang sedang menyala namun ditinggal. Kami himbau agar jangan meninggalkan kompor yang sedang menyala untuk menghindari kebakaran,” pesan Goly Karyanto.  (iko/mat)