Jamaah Haji Kloter 2 Bersiap Pulang ke Indonesia

MAKKAH, TABLOIDJAWATIMUR. COM – Sebanyak 450 jamaah haji kloter 2 Embarkasi Surabaya asal Magetan, Ponorogo dan sekitarnya, Kamis (15/08/2019) sudah siap-siap pulang ke tanah air. Ratusan koper besar milik jamaah sudah diperiksa dan diangkut ke Jeddah sebelum akhirnya diterbangkan ke Indonesia bersama para jamaah dengan pesawat Saudi Airlines, Sabtu (17/08/2019).

 

Para jamaah haji harus jalan kaki dan naik kursi bagi yang tak mampu untuk melakukan towaf ifadoh di Masjid Harom, karena bus solawat belum beroperasi.

 

Jammah haji kloter 2 Embarkasi Surabaya sudah menata koper di loby hotel untuk persiapan pulang ke tanah air, 17 Agustus 2019.

“RENCANANYA, jamaah haji yang tergabung dalam kloter 2, akan pulang 17 Agustus 2019 dari Bandara King Abdul Aziz, Jeddah. Sesuai ketentuan, dua hari sebelum pulang, koper besar milik jamaah harus sudah ditimbang dan diperiksa isinya,” kata salah satu petugas Sektor 503 yang berkantor di Dar Ummal Qura Golden Hotel di kawasan Mahbas Jin, Makkah, Kamis (15/08/2019) siang.

Jamaah haji yang capek berjalan terpaksa duduk di pinggir jalan terowongan.

Dia menambahkan, sesuai ketentuan,  jamaah haji dilarang membawa air ke dalam koper besar. Biasanya, meski sudah ada larangan, ada saja jamaah haji yang nekad membawa air zam zam ke dalam koper besar dengan cara dimasukan ke dalam botol mineral lalu dilapisi lakban.

Ratusan koper milik jamaah haji kloter 2 Surabaya sudah disiapkan di loby Hotel Dar Ummal Qura Golden di kawasan Mahbas Jin, Makkah.

Selain itu,  berat koper besar juga sudah ditentukan, tidak boleh lebih dari 30 kg. “Jika dalam pemeriksaan ditemukan pelanggaran, koper besar itu akan disisihkan. Bahkan kemungkinan akan dibongkar dan bisa jadi tidak terangkut,” tandasnya.

Sementara itu, dari pantauan wartawan TABLOIDJAWATIMUR.COM di Dar Ummal Qura Golden Hotel yang menampung sekitar 4.000 jamaah haji asal Jawa Timur  Kamis siang sekitar pukuk 12.00 waktu Makkah,  ratusan koper besar sudah dikumpulkan di loby hotel.

Sekitar pukul 18.00 waktu Makkah, koper-koper tersebut sudah diangkut ke dalam truk untuk selanjutnya dibawa ke Bandara King Abdul Aziz, Jedah. Diperkirakan butuh waktu sekitar 5 jam perjalanan dari Makkah ke Jeddah dengan jarak tempuh kurang lebih 400 kilometer. (rahmat, makkah)