Bangun Waduk, Majukan Wisata Desa Sekarbanyu

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR. COM – Salah satu potensi yang bisa dikembangkan untuk meningkatkan kesejahteraan warga adalah dengan membangun waduk desa. Dengan adanya waduk, maka selain kebutuhan air untuk pertanian tercukupi, waduk juga bisa dijadikan obyek wisata. 

 

Selain untuk mencukupi kebutuhan air pertanian, waduk desa diharapkan bisa dijadikan obyek wisata.

 

HAL INI diungkapkan Samsuji, Cakades terpilih Desa Sekarbanyu Kecamatan Sumbermanjing Wetan Kabupaten Malang kepada awak media, Kamis (8/8/2019).

‘Kami berencana membangun waduk untuk pengairan pertanian dan juga pengembangan desa wisata. Diharapkan nanti kesejahteraan warga meningkat,” terang Samsuji.

Seperti diketahui, selain menerapkan visi, membangun desa bersama masyarakat demi terwujudnya keamanan desa, cerdas, berdaya saing, berbudaya dan berahlaq mulia, Samsuji, Cakades terpilih Sekarbanyu Kecamatan Sumbermanjing Wetan (Sumawe) Kabupaten Malang juga punya program ke depan, yaitu membuat desa wisata dengan memfungsikan waduk desa dengan luas sekitar 1 hektar.

“Selain untuk keperluan air minum dan tempat pemancingan,waduk itu nantinya juga akan berfungsi sebagai desa wisata”, terang Samsuji.

Adapun tujuannya, selain mendukung sepenuhnya visi misi Pemkab Malang yang Madeb Manteb dan Manetep, keberadaan desa wisata nanti, sekaligus diharapkan bisa mendongkrak taraf ekonomi warga Desa Sekarbanyu.

“Selain waduk, di Desa Sekarbanyu juga ada kawasan yang disebut ‘Gunung Cilik’, tegasnya.

Dengan kondisi panorama alam yang  indah, kawasan itu  juga layak dijadikan desa wisata. Selain itu, ada 7 misi yang ia sampaikan dihadapan ribuan warga desa dalam prosesi Pilkades Sekarbanyu sebulan lalu.

Seperti meningkatkan pelayanan maksimal kepada masyarakat dan daya saing desa. Kemudian, meningkatkan sarana dan prasarana secara maksimal dari segi fisik, ekonomi, pendidikan, Kesehatan, olahraga dan kebudayaan. Hal yang tak kalah penting, juga mengedapankan kejujuran,keadilan dan trasparasi,baik dalam pemerintahan maupun masyarakat.

Mengusahakan kesejahteraan masyarakat yang kurang mampu secara merata melalui program pemerintah, mendorong masyarakat untuk turut serta dalam pembangunan desa, memaksimalkan semua program pemerintah, terkait kesejahteraan masyarakat dengan tepat sasaran serta melaksanakan program ADD dan DD secara adil dan transparansi.

Sekadar diketahui, dalam Pilkades Sekarbanyu sebulan lalu, Samsuji ditetapkan sebagai pemenang, dengan perolehan 992 suara. Jumlah itu lebih unggul dibanding Cakades petahana Suwarji dengan 878 suara. Ada juga, nama Ongko Semedi, Cakades nomor urut 2 dengan perolehan tipis 33 suara. (hadi)