Bahas Keamanan laut, Pangkoarmada II Rapat Online dengan Kabakamla RI

SURABAYA, TABLOIDJAWATIMUR. COM – Kepala Bakamla RI, Laksdya TNI Aan Kurnia, menggelar rapat online melalui video conference dengan Panglima Komando Armada (Koarmada) II Laksda TNI Heru Kusmanto di Gedung Puskodal Koarmada II, Jumat (29/05/2020), membahas keamanan laut Indonesia dan upaya meningkatkan kerjasama dengan Bakamla.

 

 

Laut yang berada di Malang selatan, Jawa Timur ini adalah salah satu potensi laut yang dimiliki negara Indonesia yang harus diamankan.

RAPAT yang melibatkan para Panglima Koarmada, Danguskamla, serta satuan terkait lainnya di TNI AL ini, juga membahas perairan yurisdiksi Indonesia yang sering dimanfaatkan pihak yang tidak bertanggungjawab untuk melakukan kegiatan  ilegal atau tindak kejahatan di laut.

Pada kesempatan tersebut Kabakamla meminta seluruh pihak terkait agar berkolaborasi dan kompak dalam menanggulangi tindak kejahatan yang terjadi di laut.

“Koarmada II sebagai penegak kedaulatan dan keamanan wilayah perairan RI bagian tengah Indonesia, siap bekerjasama dengan meningkatkan koordinasi dan sharing info, sehingga lebih sinergis di daerah operasi,” terang Panglima Koarmada II Laksda TNI Heru Kusmanto.

Dalam kesempatan tersebut, Laksda Heru juga menyampaikan perkembangan situasi di perairan perbatasan RI – Malaysia di Laut Sulawesi, RI – Philipina, RI – Timor Leste,  dan RI – Australia. Tidak hanya itu. Dalam rapat online ini,  Laksda Heru juga menyampaikan,  di Koarmada II dibuat Buku Panduan Penanganan Wabah COVID-19 di laut yang menjadi pegangan bagi seluruh prajurit yang berdinas di KRI. (ang/mat)