1.345 Petugas Gabungan Amankan New Normal

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR. COM – Sebanyak 1.345 personil gabungan, bakal diturunkan untuk mengamankan new normal life pasca Pembatasan Sosial Bersekala Besar (PSBB) Malang Raya yang akan berakhir, Minggu (30/05/2020). Nantinya, personil tersebut akan ditempatkan di tempat-tempat umum dan strategis di Kota Malang.

 

Sejumlah jalan di Kepanjen, Kabupaten Malang, Jawa Timur, sempat ditutup untuk mencegah penyebaran Cirus Corona.

 

“PARA personil nanti ditempatkan di tempat umum. Seperti pasar, mall, stasiun dan beberapa tempat umum lainnya,” terang Kapolresta Malang Kota, Kombes Pol Leonardus H. Simarmata, Kamis (28/05/2020).

Kapolresta Malang Kota, Kombes Pol Leonardus H. Simarmata.

Menurut kapolresta, tugas utama para  petugas gabungan itu adalah menertibkan masyarakat agar tetap disiplin melakukan pencegahan COVID-19. Mengingat, New Normal Life bukan berarti sudah bebas sama sekali dari Virus Corona. Namun menjalani hidup normal, dengan tetap melakukan disiplin kesehatan.

“Petugas akan menertibkan masyarakat dalam beraktivitas. Misalnya, tetap harus menggunakan masker, cuci tangan,  physycal distancing,  dan beberapa standart kesehatan lainnya,”  kata Leo.

Mantan Kapolres Batu ini menambahkan, meskipun PSBB berakhir, tidak serta merta langsung new normal life. Melainkan, masih dilakukan tenggang waktu 7 hari untuk penyesuaian (transisi).

Terpisah, Wali Kota Malang, H. Sutiaji mewakili Bupati Malang dan Wali Kota Batu, mengatakan, PSBB Malang Raya cukup satu putaran. “PSBB cukup sekali saja. Usai PSBB akan masuk masa transisi. Pasca PSBB bukan berarti COVID-19 selesai. Kita akan masuk ke masa transisi. Pola hidup dan gaya hidup SOP PSBB akan diboyong ke masa transisi dan new normal,” terang Sutiaji. (ide/mat)