20 Juli 2024

`

Warga Suka Cita Datangi Layanan Kesehatan Gratis

2 min read

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR.COM – Dinas Kesehatan Kota Malang, Jawa Timur, membuka berbagai layanan kesehatan gratis di area Car Free Day, berbarengan dengan dibukanya halaman Rumah Dinas Wali Kota Malang untuk umum, Minggu (12/02/2023).

 

Wali Kota Malang, H. Sutiaji bersama warga Kota Malang saat Car Free Day, Minggu (12/02/2023). (foto : malangkota.go.id)

 

DIKUTIP dari malang.go.id, Kepala Dinkes Kota Malang, dr. H. Husnul Muarif, MM, menjelaskan, kegiatan ini diadakan untuk memudahkan dan mendekatkan pelayanan kepada masyarakat (jemput bola).

Salah seorang warga memeriksakan kesehatannya saat Dinas Kesehatan Kota Malang membuka berbagai layanan kesehatan gratis di area Car Free Day, berbarengan dengan dibukanya halaman Rumah Dinas Wali Kota Malang untuk umum, Minggu (12/02/2023). (foto : malangkota.go.id)

Husnul menyebut  ada  enam layanan yang diberikan. Di antaranya, pelayanan gratis pemeriksaan penyakit tidak menular (PTM), layanan vaksinasi Covid-19, pemeriksaan balita gizi buruk, testing untuk gizi buruk pada balita, edukasi kesehatan masyarakat serta edukasi dan testing makanan yang dijajakan di area Car Free Day.

“Kegiatan ini didukung  para ahli di bidang kesehatan. Seperti IDAI,PDPI, PERSAGI, Sanitarian Kota Malang, dan Forum Masyarakat Kota Sehat. Enam layanan tersebut dipilih karena masuk dalam program prioritas nasional dan masuk dalam standar pelayanan minimal yang harus dicapai, yang merupakan indikator kinerja pelayanan pemerintah daerah,” terang Husnul.

Husnul menjelaskan,  pihaknya mengusahakan layanan kesehatan  ini akan diberikan secara rutin,  diselenggarakan setiap minggu,  bersamaan dengan Car Free Day. “Kita programkan berlanjut. Kita menyesuaikan layanan  dengan program area ini dibuka untuk umum,” terangnya.

Salah seorang warga memeriksakan kesehatannya saat Dinas Kesehatan Kota Malang membuka berbagai layanan kesehatan gratis di area Car Free Day, berbarengan dengan dibukanya halaman Rumah Dinas Wali Kota Malang untuk umum, Minggu (12/02/2023). (foto : malangkota.go.id)

Warga Blimbing, Anang, bersyukur ada layanan vaksinasi Covid-19, karena sangat memudahkan masyarakat. “Harapannya, pelayanan yang diberikan bisa lebih tertata, sehingga masyarakat gampang prosesnya. Dari awal harus ke mana,” ungkapnya.

Sementara itu, Sinta, warga Kasin yang mengantar anaknya, mengaku senang dengan adanya layanan ini. Informasi mengenai layanan ini didapatkannya melalui petugas Puskemas di wilayahnya. Sinta menilai layanan kesehatan yang diberikan ini juga cukup maksimal.

“Perhatian untuk anak yang terhitung kurang gizi sudah luar biasa membantu. Tadi dijemput pakai ambulans, terus di sini diperiksa mulai dari tinggi badan, berat badan, terus  dikasih arahan untuk makanan dan sebagainya,” ujarnya.

Dari data yang berhasil dihimpun, total sebanyak 258 warga menerima vaksinasi Covid-19. Sementara itu sebanyak 46 balita dari 16 Puskesmas seluruh Kota Malang juga menerima layanan kesehatan. (bri/mat)