25 April 2024

`

Universitas Negeri Malang Akan Buka 7 Program Studi di Trenggalek

2 min read

TRENGGALEK, TABLOIDJAWATIMUR.COM – Universitas Negeri Malang (UM) berencana mendirikan PSDKU (Program Studi di Luar Kampus Utama) dengan menggandeng Pemerintah Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur. Untuk mensukseskan rencana ini, para petinggi UM melakukan pertemuan dengan pejabat Trenggalek di Pendopo Mandala Praja Nugraha sekaligus meninjau lokasi pendirian PSDKU di perkebunan Dilem Wilis, Selasa (05/10/2021).

 

Rektor UM, Prof. Dr. AH. Rofi`uddin, M.Pd, dan Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin, meninjau lokasi pembangunan kampus UM di Trenggalek.

 

STAF AHLI Wakil Rektor IV UM, Aji Prasetya Wibawa, ST, M.MT, Ph.D, yang juga  Ketua Tim Kerjasama PSDKU, menjelaskan, pendirian program studi ini bukan keinginan UM, namun mengikuti Permenriteksdikti Nomor 1 tahun 2017 tentang pembukaan, perubahan,  dan penutupan PSDKUPT.

Rektor UM, Prof. Dr. AH. Rofi`uddin, M.Pd, dan Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin, saling bertukar cindera mata.

“Program ini kami jalankan sesuai  Permenristekdikti Nomor 1 tahun 2017. Tujuannya, meningkatkan relevansi akses, pemerataan mutu pendidikan di seluruh wilayah Indonesia, relevansi penelitian ilmiah, serta pengabdian kepada masyarakat untuk mendukung pembangunan nasional,” kata Aji Prasetya Wibawa.

Rektor UM, Prof. Dr. AH. Rofi`uddin, M.Pd, yang ikut dalam pertemuan itu menjelaskan, program studi yang akan didirikan adalah S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), S1 Pendidikan Guru PAUD,  S1 Desain Komunikasi Visual (DKV), S1 Pendidikan Matematika, S1 Biologi, S1 Manajemen, dan S1 Pendidikan Tata Boga.

Mengapa program studi ini yang dibuka di Trenggalek? “Karena, menurut survei yang  dilakukan tim kerjasama UM, program studi ini sudah terakreditasi A. Selain itu capaian pembelajaran dan profil lulusannya pun bagus,” jawab rektor.

Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin, sangat senang dengan adanya rencana ini, karena akan mendongkrak kapabilitas akademik SDM (Sumber daya Manusia) di Trenggalek.

“Saya senang adanya program ini, karena di Trenggalek akan ada kampus yang menyelenggarakan kegiatan belajar mengajar. Selain itu, program studi yang dibuka ini sesuai dengan kebutuhan Trenggalek, yakni S1 PGSD dan S1 pendidikan guru PAUD. Karena kebanyakan guru SD  dan PAUD di sini belum lulus sarjana. Selain itu juga untuk mengenalkan alam dan sektor pariwisata yang ada di  Trenggalek,” terang rektor.

Dalam kesempatan yang sama, Rektor UM, Prof. Dr. AH. Rofi`udin, M.Pd., menyampaikan harapannya agar kerjasama antara UM dan Pemkab Trenggalek mengenai pembangunan PSDKU ini berjalan lancar. “Saya berharap rencana kerjasama ini dapat berjalan lancar. Kita, UM dan Pemkab Trenggalek,  memiliki tujuan yang sama, yakni meningkatkan kualitas pendidikan dan pemerataan pendidikan di Indonesia serta melestarikan alam,” harapnya. (div/mat)