23 April 2024

`

UMM Raih Akreditasi Unggul

2 min read

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR.COM – Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Jawa Timur, berhasil meraih predikat terakreditasi unggul. Predikat itu tertuang dalam Surat Keputusan No. 858/SK/BAN-PT/AK-ISK/PT/IX/2021 yang turun pada Kamis (30/09/2021) lalu.

 

Kampus UMM, Jawa Timur, meraih akreditasi unggul.

 

REKTOR UMM, Dr. Fauzan, M.Pd, mengatakan, Surat Keputusan itu menyatakan bahwa UMM telah memenuhi syarat untuk menyandang akreditasi unggul. “Predikat ini merupakan puncak tertinggi dari sistem akreditasi perguruan tinggi,  ssuai Permendikbud Nomor 5 Tahun 2020 tentang Akreditasi Program Studi dan Perguruan Tinggi yang mengubah format A/B/C menjadi format Unggul/Baik Sekali/Baik,” katanya, belum lama ini.

Dr. Fauzan, M.Pd,  menambahkan, perguruan tinggi merupakan institusi formal yang harus mengikuti aturan. Salah satunya, mengajukan akreditasi. Tidak hanya bagi program studi, tapi juga institusi kampus. “Akreditasi ini menjadi bentuk keseriusan kami dalam menjalankan perguruan tinggi. Kita tidak bisa hanya mengatakan bahwa kita kuat dan hebat, tapi harus dibuktikan melalui akreditasi,” ungkapnya.

Fauzan menuturkan, akreditasi juga menggambarkan kredibilitas perguruan tinggi sebagai instansi yang menyelenggarakan Tri Dharma.  Ia bersyukur UMM dipercaya mengemban predikat kampus akreditasi unggul.

Banyak mahasiswa yang kuliah di UMM, Jawa Timur.

Ia mengaku, akreditasi ini belum cukup. Beragam tanggungjawab turunan juga muncul dan harus segera dilaksanakan. Satu di antaranya,  harus bisa meyakinkan  masyarakat bahwa UMM memang pantas menyandang akreditasi Unggul. Tidak hanya melalui jalur verbal dan audiovisual, tetapi juga harus memastikan output dan alumni UMM mampu menjadi pribadi yang mandiri.

“Kami senantiasa berusaha melahirkan alumni-alumni yang mandiri sekaligus diperhitungkan di tengah masyarakat. Kami tidak hanya ingin diakui unggul secara formal saja, tapi juga diakui unggul oleh masyarakat luas. Jadi, tidak hanya casing-nya saja yang unggul, tapi juga konten yang ada di dalamnya,” tegasnya.

Sementara itu, Prof. Dr. Syamsul Arifin, MSi, Wakil Rektor I UMM menjelaskan, prestasi ini diperoleh berkat keberhasilannya dalam memenuhi tiga unsur yang ditetapkan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Pertama, UMM dinilai sudah memiliki sumber daya manusia (SDM) dan dosen tetap yang cukup untuk menyelenggarakan proses pendidikan. Kedua, BAN-PT menilai sistem penjaminan mutu UMM  sudah mencapai standar.  Ketiga, kualitas dan kuantitas publikasi sudah layak.

“Akreditasi Unggul ini adalah salah satu tahap yang harus UMM lalui. Kampus Putih akan terus bergerak dan melakukan langkah-langkah sistematis dan strategis untuk mendapatkan pengakuan di level lebih tinggi yakni internasional. Sehingga mampu menjadi kampus yang internationally recognized dan menjadi bagian dari world class university,” pungkasnya.  (div/mat)