29 Januari 2023

`

Ucapkan Syukur, Warga Purwodadi Larung Sesaji

2 min read

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR.COM – Ribuan masyarakat Desa Purwodadi, Kecamatan Tirtoyudo, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Bersama sejumlah undangan, tumplek blek di Pantai Lenggoksno, Senin (15/08/2022) siang. Mereka menggelar bersih desa dan menyaksikan larung sesaji ke laut selatan sebagai tanda syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.

 

Sejumlah sesajen siap dilarung di laut selatan dalam acara bersih Desa Purwodadi, Kecamatan Tirtoyudo, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Senin (15/08/2022) siang.

 

Bupati Malang, HM Sanusi berada di tengah-tengah masyarakat Desa Purwodadi, Kecamatan Tirtoyudo, Kabupaten Malang, Jawa Timur, saat menghadiri bersih desa, Senin (15/08/2022) siang.

BUPATI Malang,  Drs. HM Sanusi, MM, yang hadir pada acara ini bersama sejumlah pejabat lainnya, menilai, bersih desa seperti ini bukan sekedar kegiatan ritual tahunan, namun ada potensi wisata yang bisa diangkat untuk mendongkrak kunjungan wisata di desa ini. Apalagi  di desa ini terdapat perairan Bolu-Bolu, Wediawu,  dan Lenggoksono (BOWELE)  yang  telah mendunia, uamanya untuk surfing, diving, dan jetski.

Warga Desa Purwodadi, Kecamatan Tirtoyudo, Kabupaten Malang, Jawa Timur, melaksanakan bersih desa secara rutin setiap tahun, Senin (15/08/2022) siang.

“Bukan sekedar ritual yang sakral, pelaksanaan bersih desa dan larung sesaji sejatinya menyimpan banyak pesan yang pada hakikatnya layak jadi pedoman dalam kehidupan sehari-hari. Salah satunya bersyukur atas segala bentuk nikmat yang diberikan Allah SWT sepanjang tahun sebelumnya. Bersih desa yang rutin dilaksanakan setiap  tahun ini sejatinya juga menyimpan potensi luar biasa jika dikembangkan lebih luas lagi. Salah satunya sektor pariwisata,” kata bupati.

Bupati Malang, HM Sanusi didampingi Camat Tirtoyudo, Nico berada di tengah-tengah masyarakat Desa Purwodadi, Kecamatan Tirtoyudo, Kabupaten Malang, Jawa Timur, saat menghadiri bersih desa, Senin (15/08/2022) siang.

Mantan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Malang ini  Malang  berharap, kegiatan yang dikemas dengan kearifan lokal dari wilayah setempat, dapat menjadi daya tarik wisata yang menjual. “Dengan metode promosi yang tepat, kami optimis  Desa Purwodadi memiliki potensi untuk go internasional. Apalagi di sini ada  perairan Bolu-Bolu, Wediawu, dan Lenggoksono (BOWELE) yang  telah dikenal  wisatawan asing,” harapnya.

Sejumlah sesajen siap dilarung di laut selatan dalam acara bersih Desa Purwodadi, Kecamatan Tirtoyudo, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Senin (15/08/2022) siang.

Menurut bupati, wisata Bowele cocok untuk surfing, diving, jetski, dan beberapa destinasi bernuansa adventure lainnya. Dalam jangka panjang, keberadaan potensi ini diharapkan menjadi pendongkrak perekonomian dan kesejahteraan  masyarakat  Purwodadi. (iko/mat)

CUKAI SATPOL PP KOTA MALANG