20 Juli 2024

`

Tim APPATE UB Berjaya di Mandalika

2 min read

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR.COM – Tim 2 Appate Elang Perkasa utusan Universitas Brawijaya (UB) Malang, Jawa Timur, meraih juara 1 kategori Prototype Hidrogen Fuel Cell di Shell Eco-Marathon 2022, pada 11 -15 Oktober 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Nusa Tenggara Barat (NTB).

 

Tim 1 Appate Elang Perkasa dan Tim 2 Appate Elang Perkasa, berjaya di Shell Eco-Marathon 2022, pada 11 -15 Oktober 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Nusa Tenggara Barat (NTB).

 

 

TIM Manager Appate Elang Perkasa,  Heaven Josiah Harvan, menjelaskan, dalam kompetisi tersebut, Anagata FCV, kendaraan yang dilombakan oleh Tim Appate Elang Perkasa Team 2, masuk kategori kendaraan prototype yang menggunakan energi hydrogen fuel cell. Kendaraan ini mengutamakan efisiensi dari segi bentuk kendaraan serta penggunaan energi.

Tim 2 Appate Elang Perkasa utusan Universitas Brawijaya (UB) Malang, Jawa Timur, meraih juara 1 kategori Prototype Hidrogen Fuel Cell di Shell Eco-Marathon 2022, pada 11 -15 Oktober 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Nusa Tenggara Barat (NTB).

“Bentuknya kecil. Tingginya dibawah satu meter, menggunakan tiga roda, dan menggunakan energi listrik dari hidrogen fuel cell. Listriknya dihasilkan langsung dari reaksi hidrogen dengan oksigen. Dengan konsumsi gas hidrogen mencapai 361 km per meter kubik,” kata Josiah Harvan, Senin (24/10/2022).

Dia menjelaskan, proses pembuatan prototype kendaraan membutuhkan waktu satu tahun. Berbagai kendala mereka hadapi. Salah satunya suhu di Kota Malang.

“Kita harus cari lokasi yang mirip dengan sirkuit Mandalika. Kendaraan yang  menggunakan hidrogen fuell cell,  ketika panas,  sering tidak mau menyala. Kita sampai mencoba sirkuit di Gelora Bung Tomo,  Surabaya untuk mendapatkan data aktual dan penyesuaian kendaraan,” jelasanya.

Heaven menambahkan,  dengan keberhasilan  yang diraih Tim Appate ini, diharapkan terus mempertahankan capaian prestasi di kemudian hari. “Kedepannya, kami berharap hasil riset ini bisa dikombinasikan dengan ilmu terbaru, dan disesuaikan dengan sirkuit yang ada,” harapnya.

Dosen Pembimbing Tim Appate,  Waru Djuriatno, ST, MT,  mengatakan,  pada lomba ini, UB mengirimkan dua tim. yakni Tim 1 Appate Elang Perkasa untuk kategori urban concept baterai elektrik dan Tim 2 Appate Elang Perkasa untuk prototype hidrogen fuel cell.

“Tim 1 Appate Elang Perkasa yang dibimbing Dr. Eng. Ir. Denny Widhiyanuriyawan, ST, MT,  untuk kategori urban concept baterai elektrik meraih juara 2. Sedangkan Tim 2 Appate Elang Perkasa meraih posisi pertama pada Shell Ecomaraton di Mandalika. Semoga prestasi ini bisa terus dipertahankan,” harapnya. (div/mat)