13 April 2024

`

Tekanan Air Berlebih, Pipa PDAM Pecah

1 min read
Air yang muncrat akibat pipa PDAM Kota Malang bocor.

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR. COM – Dua  saluran air (air rilis) PDAM Kota Malang, Jawa Timur,  di perempatan Jl. Sulfat arah Desa Jabon dan di Jl. Terusan Danau Kerinci, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang, jebol, Rabu (18/07/2018).

 

Manajer Perawatan PDAM Kota Malang, Sulis Andriasmawan menjelaskan penyebab pipa yang bocor.

AKIBATNYA, air muncrat ke atas seperti air mancur hingga ketinggian sekitar 8 meteran. Pengguna lalu lintas yang melewati lokasi, seperti mandi hujan mendadak. Bahkan, mobil yang lewat pun seperti usai keluar dari cucian mobil.

Manajer Perawatan PDAM Kota Malang, Sulis Andriasmawan membenarkan adanya dua titik lokasi gangguan saluran air tesebut. Menurutnya, hal itu dikarenakan ada tekanan air yang berlebih.

Proses perbaikan pipa yang bocor oleh petugas PDAM.

“Iya, ada gangguan air. Dua titik lokasi air rilis bocor. Itu dikarenakan water hammer (tekanan air berlebih),  sehingga, pipa besi air rilis pecah,” tuturnya ditemui di lokasi kejadian.

Tekanan air yang cukup kuat, hingga air mengucur ke atas cukup tinggi dengan volume air yang cukup banyak. Untuk itu, kejadian itu membawa dampak pasokan air ke beberapa  pelanggan terganggu. Namun, berkat kesigapan pekerja, lokasi kebocoran segera diatasi setelah sekitar satu jam dibenahi.

“Ini alatnya langsung diganti. Kita menutup dulu saluran air yang mengarah ke lokasi kebocoran,” lanjutnya.

Peristiwa itu mengakibatkan kerumunan dan  menjadi tontonan warga yang melintas sehingga menimbulkan kemacetan. Namun seiring dengan berjalannya perbaikan, kemacetan lalu lintas pun terurai.  (ide)