25 April 2024

`

Potong Drum Bekas Solar, Gudang Besi Tua Terbakar

2 min read

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR.COM – Gudang jual beli logam dan besi tua, UD Heroik, di Jl. Rajasa, Kelurahan Bumiayu, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang, Jawa Timur,  terbakar, Minggu (29/05/2022) siang.

 

Tumpukan besi tua yang ikut terbakar saat gudang jual beli logam dan besi tua, UD Heroik, di Jl. Rajasa, Kelurahan Bumiayu, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang, Jawa Timur, terbakar, Minggu (29/05/2022) siang.

 

GUDANG milik Muhet (57) warga Jl. Gadang RT. 05 / RW 07, Kelurahan Gadang,  Kecamatan Sukun, Kota Malang, ini terbakar hebat. Akibatnya, drum tangki bekas solar, tumpukan kertas, plastik,  serta sebuah truk (bagian belakang dan roda belakang) hangus.

Ban truk ikut terbakar.

Masih beruntung, dalam kejadian itu, tidak mengakibatkan korban jiwa. Namun, kerugian material diperkirakan mencapai puluhan juta rupiah.

Menurut keterangan saksi, Aminudin (25),  warga Dusun Sarirejo, Desa Sumberputih, Kecamatan Wajak, Kabupaten Malang,  yang juga salah satu pegawai,  menuturkan, awalnya dirinya melakukan pemotongan drum bekas BBM jenis solar menggunakan las blander.

Saat melakukan pemotongan tersebut, ia tidak mengetahui bahwa percikan api membakar sisa solar di dalam drum. Saat api sudah menjalar ke bagian ban belakang truk yang diparkir bersebelahan dengan tangki, baru ia menyadari ada bagian dalam tangki terbakar.

Karena api semakin besar, ia meminta pertolongan warga sekitar untuk memadamkan api. Selanjutnya juga menghubungi petugas PMK.

“Awalnya, satu pegawai melakukan pemotongan drum bekas solar dengan las. Percikan api membakar sisa BBM dan merambat ke bahan lain dan terbakar,” terang Kompol Kedungkandang, Yusuf Suryadi.

Penyebab kebakaran diduga karena percikan api saat pemotongan besi. Api mengenai sisa solar yang berada di dalam bekas drum BBM yang dipotong. (aji/mat)