19 Juni 2024

`

Kecamatan Wonosari Juara 1 Kecamatan Berkinerja Baik se-Jawa Timur

2 min read

MALANG | TABLOIDJAWATIMUR.COM – Kecamatan Wonosari, Kabupaten Malang, meraih Juara 1 Kecamatan Yang Berkinerja Baik se-Jawa Timur dalam lomba Sinergitas Kinerja Kecamatan (SKK) Jawa Timur tahun 2023. Penghargaan diserahkan Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa kepada Camat Wonosari, Desy Ariyanti, di Surabaya, Rabu (13/12/2023) siang.

 

Camat Wonosari, Desy Ariyanti menerima penghargaan dari Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, di Surabaya, Rabu (13/12/2023) siang, setelah Kecamatan Wonosari, Kabupaten Malang, meraih Juara 1 Kecamatan Yang Berkinerja Baik se-Jawa Timur dalam lomba Sinergitas Kinerja Kecamatan (SKK) Jawa Timur tahun 2023.

KECAMATAN yang berada di lereng Gunung Kawi ini unggul atas Kecamatan Pabean Cantian, Surabaya, Mangunharjo, Kabupaten Madiun, Talango, Kabupaten Sumenep, dan Junrejo, Kota Batu. Pj Sekda Kabupaten Malang, Nurman Ramdansyah, mengaku bangga atas capaian yang diraih Kecamatan Wonosari tersebut. “Tentunya Pemkab Malang bangga, melalui Camat Wonosari telah berhasil mencapai prestasi tertinggi dalam lomba SKK Jatim 2023 ini,” katanya.

Dia menambahkan, capaian ini membuktikan camat memang berprestasi, berintegritas , dan sinergisitas antar instansi di kecamatan sehingga mampu menciptakan iklim sinergisitas yang harmonis antar forkopimcam dan seluruh masyarakat di Kecamatan Wonosari.

Inovasi Kampung Tematik Wonosari Berseri (Putik Sari) sebelumnya juga telah mendapatkan penghargaan dari Kementerian PAN-RB sebagai Top 45 Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2023. Ada tiga tahap penilaian, mulai seleksi administrasi, paparan, hingga visitasi tentang inovasi atau kreatifitas dalam penyelenggaraan kecamatan.

Camat Wonosari, Desy Ariyanti, mengatakan, tim juri telah meninjau Inovasi Kampung Tematik Wonosari Berseri (Putik Sari) dan inovasi Sedekah Ndog Masyarakat (Sendog Mas). “Inovasi Putik Sari telah memberi dampak terhadap perekonomian, ekologi, maupun sosial yang terukur dalam Indeks Desa Membangun. Terima kasih atas apresiasi yang diberikan kepada Kecamatan Wonosari. Kami tidak hanya melibatkan lintas sektor yang ada di internal kecamatan, namun juga lembaga di luar kecamatan juga turut bersinergi,” katanya.

Tujuan lomba Sinergitas Kinerja Kecamatan mendorong kesinambungan koordinasi dan keterpaduan kinerja antar penyelenggara pemerintahan di wilayah, guna mempercepat pelaksanaan pembangunan, serta meningkatkan kapasitas aparatur kecamatan, dalam penyelenggarakan pelayanan dasar dan pemberdayaan potensi perekonomian masyarakat.

Ada 7 indikator penilaian SKK Jatim tahun 2023. Meliputi penyelenggaraan urusan pemerintahan umum, penyelenggaraan pelayanan terpadu kecamatan, pelaksanaan tugas delegatif, penyelenggaraan tugas atributif, inovasi atau kreativitas kecamatan pada segala aspek penilaian. Penilaian juga pada pelaksanaan penganggaran dan perencanaan kecamatan serta pelaksana tugas lainnya.  (bri/mat)