29 Januari 2023

`

Kades Sananrejo Juara Pertama Lomba Kepala Desa Perempuan Inspiratif

2 min read

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR.COM – Hj. Erna Yustining, Amd, Kepala Desa Sananrejo, Kecamatan Turen, Kabupaten Malang, Jawa Timur, meraih Juara Pertama Lomba Kepala Desa Perempuan Inspiratif 2022 yang diselenggarakan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) di Jakarta, Jumat (02/12/2022) malam.

 

Kepala Desa Sananrejo, Kecamatan Turen, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Hj. Erna Yustining, AMd, menerima penghargaan dari Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia, Abdul Halim Iskandar di Kantor Kemendes PDTT, Jakarta, Jumat (02/12/2022) malam.

 

DIA menyisihkan 4.120 kepala desa perempuan se Indonesia. Program inovasi yang membuatnya menjadi juara pertama adalah  pemberdayaan masyarakat mulai  UMKM bagi ibu rumah tangga, jaringan komunikasi desa,  hingga penggunaan Dana Desa.

Penghargaan diterima  Hj. Erna Yustining, AMd dari Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia, Abdul Halim Iskandar di Kantor Kemendes PDTT, Jakarta Selatan. Pemenang dalam lomba ini, meliputi juara kedua Rimal Manuk Allo (Kepala Desa Tabarano, Kecamatan Wasuponda, Kabupaten Luwu Timur, Provinsi Sulawesi Selatan), juara ketiga Dorsila Wasti Arbani (Kepala Desa Lembah Neidam, Kecamatan Sarmi, Kabupaten Sarmi, Provinsi Papua).

Kepala Desa Sananrejo, Kecamatan Turen, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Hj. Erna Yustining, AMd, menerima penghargaan dari Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia, Abdul Halim Iskandar di Kantor Kemendes PDTT, Jakarta, Jumat (02/12/2022) malam.

Bupati Malang, HM Sanusi, memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Hj. Erna Yustining, Amd. ”Penghargaan ini sebagai bentuk apresiasi dari pemerintah pusat terhadap inovasi dan gerakan Desa Mandiri yang mana masuk dalam visi misi Malang Makmur. Harapannya,  para kepala desa di Kabupaten Malang supaya berinovasi dan berkreasi menjadi kepala desa yang terbaik,” harapnya.

Hj. Erna Yustining, Amd, menjelaskan, Tim Juri dari Kemendes PDTT, melakukan wawancara secara daring. Kemudian dilakukan verifikasi lapang ke Sananrejo. Kemendes PDTT kemudian mengundang 10 kepala desa perempuan terbaik untuk hadir dalam rangkaian pengumuman pemenang.

”Alhamdulillah, tentu sangat berkesan karena Kemendes PDTT memberikan penghargaan. Saya tidak mengira sebagai Kepala Desa Sananrejo bisa masuk 3 besar, dan menjadi juara pertama. Prestasi ini buah dari dukungan seluruh pihak, khususnya warga Desa Sananrejo yang mendukung program-program saya dan semua stakeholder di Sananrejo,  termasuk para ulama dan umaro’,” kata Erna seperti dikutip dari malangkab.go.id.

“Keberhasilan ini bukan apa-apa tanpa dukungan semua lapisan masyarakat di Sananrejo dan Pemerintah Kabupaten Malang, utamanya Bapak Bupati Malang, Kepala Dinas DPMD, dan Camat Turen yang membimbing kami mulai dari awal perjalanan mengikuti lomba, tes,  sampai selesai. Ini sangat luar biasa. Terima kasih untuk Kabupaten Malang yang hebat,” imbuhnya. (bri/mat)

CUKAI SATPOL PP KOTA MALANG