20 Mei 2024

`

Juragan 99 dan Bos Bus Mandala Putra Beri Tips Sukses Kepada Mahasiswa UM

2 min read

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR.COM – Sejumlah mahasiswa Universitas Negeri Malang (UM), Jawa Timur, mendapat tambahan ilmu dari Bos Juaragan 99, Gilang Widya Pramana dan owner Bus Mandala Putra, Mukti Ali. Dua alumni UM ini menjadi narasumber dalam seminar nasional Expotive 2023 di Graha Cakrawala, Senin (06/11/2023) siang.

 

Sejumlah mahasiswa Universitas Negeri Malang (UM), Jawa Timur, menghadiri Seminar Nasional Ekonomi Kreatif di Graha Cakrawala, Senin (06/11/2023) siang. (foto: humas UM)

 

“UNTUK bisa terjun menjadi pengusaha, teman-teman bisa memulainya dari passion dengan mengetahui tujuan memiliki usaha itu untuk apa. Visi jangka panjang maupun pendeknya seperti apa. Kedua, harus memiliki strategi untuk mencapai goals tersebut. Kita harus memiliki sesuatu yang unik agar menjadi pembeda dengan usaha lain,” kata Gilang Widya Pramana.

Inilah para narasumber dalam Seminar Nasional Ekonomi Kreatif di Graha Cakrawala, Senin (06/11/2023) siang. (foto: humas UM)

Selain itu, masih kata Gilang, setelah terjun ke dunia usaha, eksekusilah dengan terus melakukan continuous improvement, yaitu perbaikan secara terus- menerus. “Perbaikan ini dilakukan dalam hal review product, regulasi, kolaborasi tim, dan provit,” tutur CEO J99 Trans ini dalam sesi sharing.

Mukti Ali, owner Bus Mandala Putra, juga membagikan ceritanya ketika merintis usaha hingga bisa sukses seperti sekarang. “Saya pesan kepada semuanya, optimislah dan jangan minder ketika hendak terjun di dunia usaha. Harus pantang menyerah. Jangan sampai ketika kita maju sedikit, kemudian bertemu dengan kompetitor, kita menjadi mundur,” pesannya.

“Saya dulu berani dan yakin memulai usaha meskipun hanya memiliki modal sepuluh ribu saja. Orang sukses itu bisa menempuh dari berbagai jalan yang berbeda. Dan yang terakhir, janganlah anda menginginkan kekayaan maupun kesuksesan itu hanya untuk diri sendiri. Harus yakini bahwa kesuksesan anda akan bermanfaat bagi orang lain,” imbuhnya.

Tak kalah menarik, alumni UM lainnya yang juga menjadi narasumber, Bayu Eko Moektito, A.Md, atau yang lebih akrab dengan sebutan Bayu Skak, juga menyampaikan tips kreatif dan sukses di seminar nasional tersebut. “Sebagai generasi muda, hendaknya kita turut andil dalam menciptakan Indonesia Emas, salah satunya dengan terjun ke industri kreatif. Disanalah kalian akan mengerti kekuatan ide,” urainya. (div/mat)