20 Mei 2024

`

Bupati Sanusi Terima Penghargaan Tokoh Penggerak Sholat Berjamaah

2 min read

SURABAYA, TABLOIDJAWATIMUR.COM – Bupati Malang, HM Sanusi, menerima penghargaan sebagai Tokoh Penggerak Sholat Berjamaah dari Ketua Pengurus Pusat DMI, Dr. Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla, saat menghadiri Penganugerahan Masjid Award 2023 di Auditorium lantai 9 kampus B Universitas Nahdlatul Ulama, Surabaya, Selasa (14/11/2023) malam.

 

Bupati Malang, HM Sanusi, menerima penghargaan sebagai Tokoh Penggerak Sholat Berjamaah dari Ketua Pengurus Pusat DMI, Dr. Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla, di Auditorium lantai 9 kampus B Universitas Nahdlatul Ulama, Surabaya, Selasa (14/11/2023) malam.

 

Bupati Malang, HM Sanusi membawa piagam penghargaan sebagai Tokoh Penggerak Sholat Berjamaah

PENGHARGAAN diberikan kepada Bupati Malang karena dinilai peduli terhadap keagamaan. Di antaranya, sering melaksanakaan sholat berjamaah dengan masyarakat dan seluruh perangkat daerah Kabupaten Malang melalui program suling (sholat subuh keliling) ke beberapa kecamatan.

Ketua Pengurus Pusat DMI, H. Muhammad Jusuf Kalla, menjelaskan, ada tiga hal yang dapat memakmurkan masjid. Pertama, membangun masjid. Kedua, mendirikan masjid dengan baik. Ketiga, mengajak sholat berjamaah di masjid.

Bupati Malang, HM Sanusi, bersama Ketua Pengurus Pusat DMI, Dr. Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla, saat menerima penghargaan sebagai Tokoh Penggerak Sholat Berjamaah di Auditorium lantai 9 kampus B Universitas Nahdlatul Ulama, Surabaya, Selasa (14/11/2023) malam.

Bupati Malang mengucapkan terima kasih atas penghargaan tersebut. Ini menjadi pemicu agar Pemerintah Kabupaten Malang terus berbuat yang terbaik untuk masjid. “Sebab, bagi Pemerintah Kabupaten Malang, masjid dan sholat berjamaah menjadi sarana untuk menggerakkan masyarakat. Kami telah rutin melakukan sholat berjamaah bersama masyarakat melalui program sholat subuh keliling seminggu sekali,” tuturnya.

Selain Bupati Malang, Gubernur Provinsi Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, juga mendaptkan penghargaan sebagai Pimpinan Daerah Yang Peduli Terhadap Masjid.

Bupati Malang, HM Sanusi, bersama pengurus masjid dari Kabupaten Malang, yang juga menerima penghargaan Ketua Pengurus Pusat DMI, Dr. Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla, di Auditorium lantai 9 kampus B Universitas Nahdlatul Ulama, Surabaya, Selasa (14/11/2023) malam.

Selain itu, tiga masjid di Kabupaten Malang juga meraih penghargaan. Di antaranya, Masjid Al Hidayah Kecamatan Karangploso kategori Masjid Jami’ meraih juara I, Masjid Besar Sabilit Taqwa Kecamatan Bululawang meraih juara 3 kategori Masjid Kampung/Mall/Passr/Rest Area, serta Masjid Sabilal Muhtadin Kecamatan Poncokusumo kategori Masjid Besar meraih juara harapan 2.

Bupati Malang berharap agar penghargaan ini dapat menjadi inspirasi bagi semua elemen masyarakat agar lebih memperhatikan tempat ibadah. “Terimakasih atas penghargaan ini. Ini merupakan hasil kerja dari kita semua, terutama para pengurus masjid di Kabupaten Malang. Semoga ini menginspirasi kita semua untuk lebih memperhatikan tempat ibadah, serta dapat menjadi cobtoh bagi masjid-masjid lain yang ada di Kabupaten Malang,” harapnya.

Selanjutnya Ketua DMI Kabupaten Malang, KH. Imam Sibaweh, menjelaskan, penghargaan ini diberikan karena adanya program sholat subuh keliling yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Malang. “Jumlah masjid di Kabupaten Malang lebih dari 2.000 masjid. Sedangkan jumlah umat muslim lebih dari 2 juta jiwa. Namun yang hadir sholat berjamaah di masjid hanya 45%,” jelasnya.

Hal itulah yang mendasari DMI Kabupaten Malang mengajak Bupati Malang untuk melaksanakan sholat subuh berjamaah seminggu sekali. “Safari sholat subuh inilah yang kita ajukan kepada Pengurus Pusat DMI, sehingga Bapak Bupati Malang mendapatkan penghargaan sebagai Tokoh Penggerak Sholat Berjamaah,” tutur Ketua DMI Kabupaten Malang. (bri/mat)