16 Juni 2024

`

Hadiri Pelantikan PPK Pilkada, Ini Pesan Pj Wali Kota Malang

2 min read

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR.COM – Penjabat (Pj) Wali Kota Malang, Wahyu Hidayat, mengapresiasi peran KPU dan seluruh stakeholder, terutama  dalam menjaga suasana damai dan kondusif selama proses Pemilu Presiden/Wakil Presiden dan Legislatif. Penting juga menjaga integritas profesional dalam menjalankan tahapan Pemioihan Kepala Daerah (gubernur, bupati, wali kota) mendatang.

 

Penjabat (Pj) Wali Kota Malang, Wahyu Hidayat, menghadiri pelantikan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Pemilihan Gubernur/Wakil Gubernur serta Wali Kota/Wakil Wali Kota Kota Malang, di The Shalimar Boutique Hotel, Kota Malang, Jawa Timur, Kamis (16/05/2024) siang.

 

HAL ITU disampaikan saat pelantikan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Pemilihan Gubernur/Wakil Gubernur serta Wali Kota/Wakil Wali Kota Kota Malang, di The Shalimar Boutique Hotel, Kota Malang, Jawa Timur, Kamis (16/05/2024) siang. “Dengan dilantiknya PPK ini, saya berharap mereka segera melakukan koordinasi secara internal maupun eksternal. Memastikan bahwa tahapan Pilkada di Kota Malang dapat terlaksana dengan lancar dan tertib,” harap Wahyu Hidayat

Wahyu Hidayat juga menekankan, kesuksesan pilkada tidak hanya menjadi tanggung jawab penyelenggara pemilu. Tapi merupakan tanggung jawab bersama, seluruh lapisan masyarakat.

Sementara itu, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Malang, Aminah Asminingtyas, mengharapkan, pelantikan PPK  menjadi upaya memastikan integritas demokrasi yang kuat dan proses pemilihan yang adil di Kota Malang.

Menurutnya, peran PPK sebagai garda terdepan di tingkat kecamatan sangat vital dalam memastikan jalannya proses pemungutan suara yang langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil.  “Tahapannya meliputi perekrutan PPK yang berakhir dengan pelantikan. Ini sebagai garda depan berkoordinasi dengan PPS. Mereka ini ujung tombak pemungutan suara,” terang Aminah, usai melantik 25 Panitia Pengawas Kecamatan (PPK).

Ia menjelaskan, dengan masa kerja selama 8 bulan, PPK merupakan representasi KPU di tingkat kecamatan yang bertanggung jawab memastikan Panitia Pemungutan Suara (PPS) bekerja secara maksimal sesuai dengan tahapan yang ditetapkan. (aji/mat)