23 Februari 2024

`

Eddy Rumpoko, Mampu Kembangkan Kota Batu Yang Sepi Jadi Kota Wisata Yang Mendunia

2 min read

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR.COM – Kabar meninggalnya mantan Wali Kota Batu, Jawa Timur, periode 2007-2017, H. Eddy Rumpoko, Kamis (30/11/2023) pagi, sekira pukul 05.30 WIB, di Rumah Sakit dr. Kariyadi, Semarang, Jawa Tengah, mengagetkan masyarakat Malang Raya. Karena sebelumnya tak terdengar kabar dia sakit.

 

Jenazah Eddy Rumpoko dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Soeropati, Kota Batu, Kamis (30/11/2023) siang. (foto: ist)

 

Mantan Wali Kota Batu, Jawa Timur, periode 2007 – 2017, H. Eddy Rumpoko, meninggal dunia, Kamis (30/11/2023) pagi, sekira pukul 05.30 WIB, di Rumah Sakit dr. Kariyadi, Semarang, Jawa Tengah. (foto: ist)

MENINGGALNYA Eddy Rumpoko tidak hanya mengagetkan masyarakat Malang Raya, tapi juga Keluarga Besar Gerakan Muda Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan TNI/Polri (GM FKPPI) Jawa Timur. Karena almarhum pernah menjadi Ketua GM FKPPI Jatim periode 1999 – 2006. “Kami turut berduka cita atas meninggalnya sahabat saya, Eddy Rumpoko. Saya sangat kehilangan sosok senior yang baik, perhatian, egaliter, humble, dan inovatif,” ujar Ketua GM FKPPI Jatim Agoes Soerjanto, Kamis (30/11/2023) siang.

Menurutnya, sebagai kepala daerah, Eddy Rumpoko telah berhasil menjadikan Kota Batu sebagai destinasi wisata unggulan atau Wisata Kota Batu (KWB), yang dikenal tidak hanya di Jawa Timur, tapi di seluruh pelosok Indonesia, hingga manca negara.

Selama dua periode memimpin Kota Batu, bekas kecamatan di Kabupaten Malang ini bertransformasi dari kota kecil yang sepi, menjadi kota yang selalu ramai dengan jutaan wisatawan, baik wisatawan lokal hingga mancanegara. Berbagai program ia jalankan, hingga membuat Batu menjadi kota tujuan wisata.

Jenazah Eddy Rumpoko disholatkan di Masjid Soegiono, di kompleks Balai Kota Among Tani, Kota Batu, Jawa Timur, Kamis (30/11/2023) siang. (foto: ist)

Sebagai catatan, di Jawa Timur, ada tiga daerah yang melakukan transformasi daerahnya. Di antaranya, Kabupaten Banyuwangi yang saat itu dijabat Azwar Anas (sekarang Menteri PAN/RB), Surabaya di masa Wali Kota Tri Rismaharini (sekarang Menteri Sosial), dan Kota Batu di bawah pimpinan Eddy Rumpoko.

“Eddy Rumpoko adalah contoh kepala daerah yang berhasil membangun daerahnya, memanfaatkan potensi yang dimiliki, yang muaranya untuk kesejahteraan rakyat. Keberhasilannya mentransformasi Kota Batu ini patut dicontoh penggantinya,” tegas Agoes.

Hal yang sama disampaikan Sekretaris GM FKPPI Jatim, Didik Prasetiyono. Menurutnya, transformasi kemajuan Kota Batu adalah buah tangan Eddy Rumpoko. Dia berhasil mendirikan destinasi wisata yang ikonik yang mampu menyedot wisatawan. Seperti Batu Night Spectacular, Museum Satwa Batu, Jatim Park, Eco Green Park hingga Museum Angkot. “Eddy Rumpoko adalah Kota Batu, dan Kota Batu adalah Eddy Rumpoko. Sehingga masyarakat Kota Batu, dan masyarakat Malang Raya pada umumnya, akan terus mengenangnya,” ujarnya. (mat)