25 Mei 2024

`

Ditinggal Tahlil, Rumah Warga Turen Terbakar

1 min read

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR. COM – Ditinggal tahlil, rumah milik Mustari (78) warga Desa Sananrejo Kecamatan Turen Kabupaten Malang habis dilalap si jago merah, Senin (22/7/2019) pukul 19.00 WIB. Beruntung api berhasil dipadamkan berkat kesigapan warga desa, namun kondisi rumah korban habis terbakar api.

 

Kondisi rumah mustari yang habis dilalap si jago merah.

 

BERDASAR keterangan petugas Polsek Turen, sebelum kejadian Mustari bermaksud mendatangi undangan tahlil di sekitar kampung di desanya. Seperti diketahui keadaan kampung gelap karena adanya pemadaman listrik oleh PLN.

Warga saat di lokasi kejadian.

Untuk penerangan rumah agar tidak gelap, Mustari menyalakan lilin di beberapa ruangan di rumahnya. Namun nahasnya, Mustari lupa mematikan lilin sebelum ditinggal menghadiri undangan tahlilan. Mustari menyalakan lilin dan ditaruh di atas almari plastik dan ditinggal aktivitas tahlil di lingkungan sekitar.

Karena sudah ditinggal beberapa lama, diduga lilin sudah habis hingga nyala api menyambar bahan plastik dan kertas yang ada di dalam ruangan. Hingga sekitar pukul 19.00 Wib diketahui api sudah membesar menyala dari kamar tidur dan menyebar dengan cepat ke seluruh bangunan rumah.

Namun akibat kesigapan masyarakat sekitar api bisa dipadamkan agar tidak menyebar ke rumah tetangga sebelah. Warga sekitar, Tim Tagana, Perangkat Desa dan petugas Anggota Polsek Turen bahu-membahu melakukan pemadaman di tempat kejadian.

“Saya bersyukur akhirnya api berhasil dijinakkan dan keadaan kembali kondusif. Tidak ada korban jiwa namun rumah terbakar berakibat kerusakan parah,” terang Sunari dari Tagana saat berada di lokasi kejadian. (hadi)