26 Juni 2024

`

Bea Cukai Malang Amankan 123 Botol Miras Ilegal

2 min read
“Bea Cukai Malang akan selalu melakukan pengawasan terhadap peredaran Barang Kena Cukai. Salah satunya adalah Minuman Mengandung Etil Alkohol (MMEA) untuk mendukung tugas dan fungsi kami sebagai community protector.”

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR.COM – Tim dari Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Tipe Madya Cukai Malang, Jawa Timur (Bea Cukai), berhasil mengamankan 123 botol Minuman Mengandung Etil Alkohol (MMEA) yang tidak memiliki izin Nomor Pokok Pengusaha Barang Kena Cukai (NPPBKC) dari sebuah karaoke, hotel, dan tempat hiburan malam di Kabupaten dan Kota Malang, dalam sebuah operasi yang dilakukan Jumat (23/09/2022) malam. 

 

Petugas Bea Cukai Malang menemukan puluhan botol minuman keras illegal saat melakukan operasi di wilayah Kabupaten/Kota Malang, Jawa Timur, Jumat (23/09/2022) malam.

 

Petugas Bea Cukai Malang mengamankan ratusan botol minuman keras illegal saat melakukan operasi di wilayah Kabupaten/Kota Malang, Jawa Timur, Jumat (23/09/2022) malam.

MELALUI pers rilis yang diterima redaksi tabloidjawatimur.com, Senin (26/09/2022) petang,  Gunawan Tri Wibowo, Kepala  KPPBC Tipe Madya Cukai Malang, menjelaskan, barang hasil penindakan yang berhasil diamankan meliputi 57 botol dari HP Dinoyo (Kota Malang), 9 botol dari GM Hotel (Kabupaten Malang),  dan 57 botol dari CK and Bar.

Gunawan menjelaskan, sebagai bentuk pelaksanaan Operasi Gempur II, Bea Cukai Malang melakukan kegiatan operasi ke Tempat Penjual Eceran (TPE) Minuman Mengandung Etil Alkohol (MMEA) yang tidak memiliki izin Nomor Pokok Pengusaha Barang Kena Cukai (NPPBKC), Jumat (23/09/2022).

“Dalam kegiatan tersebut dilakukan pemeriksaan terhadap beberapa tempat penjualan eceran yang berada di wilayah Kota Malang dan Kabupaten Malang,” katanya.

Petugas Bea Cukai Malang menunjukkan minuman keras illegal saat melakukan operasi di wilayah Kabupaten/Kota Malang, Jawa Timur, Jumat (23/09/2022) malam.

Dari hasil pemeriksaan didapati 3 (tiga) tempat penjualan eceran yang menjual Barang Kena Cukai (BKC) jenis MMEA tanpa memiliki izin NPPBKC. Yaitu, HP Dinoyo, GM Hotel,  dan CK and Bar.

Barang hasil penindakan yang berhasil diamankan adalah 57 botol dari HP Dinoyo, 9 botol dari GM Hotel,  dan 57 botol dari CK and Bar. “Pada penindakan tersebut juga dilakukan penyegelan barang di tempat penyimpanan TPE karena tidak memiliki izin NPPBKC,” jelas Gunawan.

Dalam kesempatan ini, Tim Bea Cukai sekaligus melakukan sosialisasi dan himbauan pada masyarakat maupun toko – toko agar memiliki izin NPPBKC apabila menjual BKC berupa MMEA dalam negeri Golongan B dan C.

“Bea Cukai Malang akan selalu melakukan pengawasan terhadap peredaran Barang Kena Cukai. Salah satunya adalah Minuman Mengandung Etil Alkohol (MMEA) untuk mendukung tugas dan fungsi kami sebagai community protector, ” tegas Gunawan. (mat)