22 Februari 2024

`

789 KK Jabung Kesulitan Air Bersih

2 min read
Seorang nenek, warga Desa Jabung, Kecamatan Jabung, Kabupaten Malang, Jawa Timur mengangkat jirigen beriisi air bersih yang didrop BPB Kabupaten Malang.

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR. COM – Sebanyak 789 kepala keluarga (KK) di Dusun Gunung Kunci, Boro Oyot dan Dusun Umpak, Desa Jabung, Kecamatan Jabung, Kabupaten Malang, Jawa Timur mengalami kesulitan air. Ini terjadi setiap musim kemarau seperti sekarang. Untuk mengatasi hal tersebut, Badan Penanggulanggan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang mendrooping air bersih, Selasa (25/09/2018).

 

Warga Desa Jabung, Kecamatan Jabung, Kabupaten Malang, Jawa Timur menganteri air bersih yang didrooping BPBD Kabupaten Malang.

KEPALA BPBD Kabupaten Malang, Bambang Istiawan menjelaskan, sudah sepekan ini pihaknya bekerjasama dengan Batalyon Infanteri Lintas Udara 502 Jabung dan PMI melakukan drooping air bersih ke Desa Jabung. “Kita lakukan drooping air bersih dua kali sehari untuk memenuhi air bersih bagi masyarakat. Untuk satu kali drooping, 3 rit truk tangki berkapasitas 5 ribu liter,” terang Bambang Istiawan.

Ratusan jirigen disiapkan Warga Desa Jabung, Kecamatan Jabung, Kabupaten Malang, Jawa Timur untuk tempat air bersih.

Memasuki musim kemarau, masih kata Bambang, sebagian wilayah Kabupaten Malang memang lazim mengalami kekeringan dan kesulitan air bersih. “Ada beberapa wilayah, terutama di kawasan Malang selatan yang sering mengalami kesulitan air bersih di musim kemarau. Kami siap melakukan drooping air bersih. Teknisnya, kepala desa  melakukan pemberitahuan ke camat, yang kemudian diteruskan ke kami,” kata mantan Kasat Pol PP Kabupaten Malang ini.

Kepala BPBD Kabupaten Malang, Bambang Istiawan.

Sementara itu, Camat Jabung, Hadi Sucipto menjelaskan, kekeringan dan kesulitan air bersih di Dusun Gunung Kunci, Boro Oyot dan Umpak, Desa Jabung memang terjadi setiap musim kemarau. “Setiap musim kemarau, sebanyak 789 kepala keluarga di tiga dusun tersebut selalu mengalami kesulitan air bersih. Penyebabnya, karena sumur warga mengering dan tidak ada sumber air lagi,” kata Hadi.

Distribusi air bersih yang dilakukan BPBD Kabupaten Malang berkerjasama dengan beberapa pihak, disambut antusias  warga. Bahkan di Dusun Boro Oyot, Desa Jabung, untuk memenuhi kebutuhan air bersih, seorang wanita yang lanjut usia, harus rela memikul dua jerigen besar air bersih.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, pihaknya sudah berkoordinasi dengan PDAM Kabupaten Malang. “Kita sudah berkoordinasi dengan PDAM. Tiga tahun lalu diadakan pengeboran di tiga titik, namun tidak ada yang mengeluarkan air. Akhirnya kami difasilitasi pinjam pakai tandon air berkapasitar 5 ribu liter oleh PDAM,” ujar Camat Jabung.

Karena memang tidak ada lagi sumber air, mau tidak mau, setiap musim kemarau, permintaan drooping air bersih diajukan ke BPBD oleh Camat Jabung. “Saat ini yang bisa dilakukan memang mengajukan bantuan air bersih ke BPBD,” pungkas Hadi.  (diy)