Wabup Malang Launching Aplikasi Kasda Online, SP2D Online, dan Simda Keuangan Online

MALANG,TABLOIDJAWATIMUR. COM – Pemerintah Kabupaten Malang, Jawa Timur —dalam hal ini Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD)— pada pertengahan tahun anggaran 2019 ini membuat gebrakan baru, mengenalkan Aplikasi Kasda Online, SP2D Online, dan Simda Keuangan Online. Program baru ini dilaunching Wakil Bupati Malang, Drs. H. M. Sanusi, MM, di Pendopo Agung Kabupaten Malang, Jumat (03/05/2019).

 

 

Wakil Bupati Malang, HM Sanusi menyerahkan berkas kepada Koordinator Pengawasan Bidang Akuntabilitas Pemerintah Daerah 2 Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan Provinsi Jawa Timur, Ahmad Akib.

WABUP Malang mengapresiasi program ini, terutama kepada pihak-pihak yang telah mendukung program ini sehingga SP2D (Surat Perintah Pencairan Dana) Online, Kasda Online, dan SIMDA Keuangan Online yang merupakan hasil kerjasama antara Pemerintah Kabupaten Malang dengan BPKP Perwakilan Provinsi Jawa Timur dan PT. Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur  (Bank Jatim) dapat dilaunching.

“Keberadaan aplikasi ini merupakan sebuah kebutuhan dalam rangka mewujudkan pelayanan publik yang optimal. Tidak dapat dipungkiri, di era modern seperti saat ini,  tantangan yang dihadapi pemerintah semakin besar. Karena itu dibutuhkan program yang baik dan tepat,” kata wabup saat memberikan sambutan.

Wakil Bupati Malang, HM Sanusi memukul gong sebagai tanda dilaunchingnya Aplikasi Kasda Online, SP2D Online, dan Simda Keuangan Online. Program baru ini dilaunching Wakil Bupati Malang, Drs. H. M. Sanusi, MM, di Pendopo Agung Kabupaten Malang, Jumat (03/05/2019).

Mantan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Malang dari PKB ini menambahkan, komitmen pengabdian dan inovasi terbaru yang aplikatif juga sangat dibutuhkan, terutama di era modern seperti sekarang yang identik dengan teknologi informasi.

“Pasca launching hari ini, saya berharap dapat diikuti dengan kegiatan lanjutan guna memperkuat pemahaman tentang ketiga aplikasi dimaksud, sehingga ke depan penerapan aplikasi dapat berjalan maksimal dan dapat memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi upaya penglolaan keuangan dan pembangunan daerah. Semoga Pemkab Malang dapat menerapkan aplikasi Kasda Online, SP2D Online dan SIMDA Keuangan Online untuk mewujudkan pengelolaan keuangan daerah yang transparan, akuntabel, bersih dan  efisien,” harap wabup.

Aplikasi Kasda Online yang terintegrasi dengan Server SIMDA Keuangan, ke depan diharapkan dapat memperlancar pelaksanaan transaksi pencairan SP2D, mempercepat proses pengelolaan keuangan daerah yang terkait dengan pencairan dari Rekening Kas Umum Daerah (RKUD) ke rekening tujuan (rekening perangkat daerah, pihak ketiga maupun masyarakat) dengan konsep Real-Time Online. Sehingga pelayanan semakin meningkat. Begitu pula dengan kualitas kinerja pengelolaan keuangan daerah,  juga semakin meningkat.

Sedangkan untuk aplikasi SP2D Online berbasis web, dapat diakses secara real time oleh seluruh perangkat daerah,  khususnya para bendahara, sehingga dapat melakukan monitoring proses pencairan anggaran yang sedang diajukan. Dari proses itulah yang sangat membantu mengakselerasi proses pencairan anggaran. Sedangkan aplikasi  SIMDA Keuangan Online mengkoneksikan secara online antara SIMDA Keuangan Perangkat Daerah dengan server di BKAD Kabupaten Malang, sehingga  memudahkan bendahara/operator SIMDA perangkat daerah untuk mengirim softcopy data SPP/SPM melalui sistem.

Kerjasama yang terjalin antara Pemkab. Malang, Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Timur dan Bank Jatim ini dibuktikan dengan dilakukannya penandatanganan MoU ketiga pihak.

Hadir dalam acara ini,  Koordinator Pengawasan Bidang Akuntabilitas Pemerintah Daerah 2 Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan Provinsi Jawa Timur, Ahmad Akib, Anastesi Rahayu, Auditor Madya Perwakilan dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan Provinsi Jawa Timur, Sekretaris Daerah, Ir. Didik Budi Muljono, MT, Kepala Organisasi Perangkat Daerah, Pimpinan Bank Jatim Cabang Kepanjen, serta para Kasubag Keuangan dan Bendahara Pengeluaran di Lingkungan  Pemerintah Kabupaten Malang.  (iko/mat)