Tingkatkan Disiplin Mahasiswa, Polinema Gandeng Kostrad

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR. COM – Untuk melatih kedisiplinan mahasiswa, Politeknik Negeri Malang (Polinema) bekerjasama dengan Divisi Infanteri II Kostrad akan menggelar pelatihan kedisiplinan saat Perkenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) 2018.

 

Direktur Polinema, Drs Awan Setiawan, MM, bersama Pangdivif 2 Kostrad Mayjen Marga Taufik dan jajaran.

 

Direktur Polinema, Drs Awan Setiawan, MM, bersama Pangdivif 2 Kostrad Mayjen Marga Taufik.

DIREKTUR Polinema, Drs Awan Setiawan, MM, menjelaskan, selain pelatihan kedisiplinan, materi lainya adalah tentang diklat kewawasan kebangsaan (wasbang) untuk mahasiswa baru (maba).

“Tahun ini, ada 3.300 mahasiswa baru dari 17 jurusan dan 23 prodi yang akan mengikuti PKKMB,” tutur Direktur Polinema, usai penandatanganan nota kesepahaman dengan Pangdivif 2 Kostrad Mayjen TNI Marga Taufiq, Polinema, Kamis (26/07/2018).

Ia melanjutkan, dalam kegiatan yang disebut Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK), Polinema lebih menekankan pada kedisplinan. Menurut Awan, baik dari TNI AD, AL maupun TNI AU pada intinya sama. Dan untuk kali ini, pihaknya bekerjasama dengan Kostrad, dalam hal ini adalah TNI AD.

“Diberikan juga, pandangan dan isu- isu radikalisme dan sebagainya. Untuk menangkal hal itu (radikalisme), kami serahkan sepenuhnya ke Divisi Infanteri 2 Kostrad,” lanjutnya.

Sementara itu, Pangdivif 2 Kostrad Mayjend Marga Taufik menjelaskan, secara umum, TNI memberikan dasar kedisiplinan selama kurang lebih sebulan. Dengan materi praktek maupun praktis yang lebih kepada memberikan rasa kebersamaan dan kepekaan sosial. “Sekarang kita satu minggu, maka dari itu kita desain untuk satu minggu,” terangnya.

Direktur Polinema, Drs Awan Setiawan, MM, bersama Pangdivif 2 Kostrad Mayjen Marga Taufik saat penandatanganan kerjasama.

Selain itu, lanjut Marga, diberikan ceramah untuk memberikan pengetahuan yang lebih fokus tentang ancaman terhadap negara.

“Ini supaya mempertebal rasa nasionalisme di kalangan generasi muda, khususnya calon mahasiswa baru. Kalau mereka merasa nasionalis semuanya, itu saya kira juga akan menambah motivasi untuk belajar,” katanya.

Lebih lanjut Pangdivif 2 Kostrad mengajak mahasiswa Polinema meningkatkan rasa kesadaran akan pentingnya bela negara. Sehingga, ke depan,  akan tertanam sikap dan perilaku cinta tanah air, meningkatkan jiwa nasionalisme bangsa dan negara pada generasi muda.

Karena, hal itu sesuai Undang-Undang nomor 34 tahun 2004 tentang TNI pasal 7 ayat (2b) poin 8. Tugas pokok TNI memberdayakan wilayah pertahanan dan kekuatan pendukungnya, secara dini sesuai dengan sistem pertahanan semesta. (ide)