TABLOID JAWA TIMUR

Informasi Daerah Jawa Timur

Petugas menghalau dan melarang warga.

Terapkan PPKM, Kawasan Pantai Kenjeran Ditutup

SURABAYA, TABLOIDJAWATIMUR.COM – Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), Pemerintah Kota Surabaya Minggu Pagi (07/02/2021) menutup kawasan wisata Pantai Kenjeran Surabaya. Penutupan bersifat sementara, untuk mengurangi aktivitas masyarakat dan mencegah sebaran Covid-19.

 

Petugas menghalau dan melarang warga yang hendak melintasi wilayah PPKM.

 

KAWASAN yang terpaksa ditutup dan mendapat penjagaan ketat dari petugas gabungan TNI, Polri, Linmas dan Satpol Pamong Praja ini dimulai dari Jalan Kyai Tambak Deres, Taman Suroboyo, Wisata Watu-Watu Pantai Nambangan dan Jalan Pantai Lama. Selain itu, petugas gabungan juga menutup total ikon di kawasan Pantai Timur Surabaya yakni Jembatan Surabaya.

Warga yang setiap minggu pagi melakukan aktivitas olahraga maupun wisata pantai dikejutkan dengan langkah penutupan yang dilakukan Pemkot Surabaya ini. Terlebih, petugas gabungan dengan tegas melarang siapapun yang hendak melintas atau menuju lokasi tersebut.

Penutupan kawasan wisata Pantai Kenjeran Surabaya inipun dikeluhkan pedagang yang mengandalkan ekonominya dari wisata. “Sedih Mas kalau ditutup. Hasil jualan mainan ini saja sudah tidak seberapa, kalau sekarang ditutup saya dapat apa,” kata pedagang mainan yang biasa mangkal di Pantai Watu-Watu Nambangan, Nurhayati.

Kondisi yang tidak jauh berbeda juga dirasakan Rohmah. Pedagang ikan asap ini sudah terlanjur kulakan dalam jumlah besar. “Harapan saya dengan kulakan ikan banyak bisa habis atau minimal terjual banyak di hari minggu ini. Soalnya kalau minggu mesti ramai. Kalau sudah tutup seperti ini bagaimana, rugi rasanya,” keluh Rohmah.

Sementara Camat Bulak Budi Hermanto mengaku penutupan kawasan ini karena murni untuk mencegah sebaran covid-19 dan mengurangi kerumunan maupun aktivitas warga. “Apalagi beberapa tempat di Surabaya ditutup seperti Jalan Tunjungan, Jalan Darmo dan Jalan Mayjen Sungkono. Akibatnya, banyak warga yang akhirnya beralih kesini,” ungkap Budi Hermanto.

Sementara itu, pemberlakuan penutupan kawasan Pantai Kenjeran yang melibatkan 80 personil gabungan ini sifatnya sementara, dimulai pukul 04.00 hingga 10.00 WIB. Petugas akan membuka kembali kawasan tersebut selepas pukul 10.00 WIB. (ang/mat)