Sastra Arab UM Bahas Impementasi Pembelajaran Bahasa Arab Online

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR. COM – Munculnya Corona Virus Disease 2019 (COVID-19)  mengharuskan proses pembelajaran dilakukan secara online. Pelaksanaan pembelajaran online banyak diteliti, salah satunya dilakukan Ali Ma’sum, S.Pd.,M.A. dkk yang mengambil judul Implementasi Pembelajaran Bahasa Arab Online di Universitas Negeri Malang, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Universitas Islam Malang, dan Universitas Muhammadiyah Malang.

 

Para peserta membahas pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab via online di perguruan tinggi.

 

HASIL penelitian tersebut didesiminasikan dalam bentuk seminar nasional yang bertajuk “Implementasi Pembelajaran Bahasa Arab Online di Perguruan Tinggi”, Kamis (12/11/2020) melalui zoom meeting. Peserta yang berpartisipasi dalam daring ini sejumlah 300 orang,  baik dosen maupun guru bahasa Arab.

Materi yang dibahas peserta soal pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab via online di perguruan tinggi.

Pemateri yang dihadirkan dalam seminar tersebut di antaranya, Dr. Hanik Mahliatussikah, M.Hum,  (Ketua Jurusan Sastra Arab Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang), Dr. Nur Hasan, M.Ed (Ketua Prodi Pendidikan Bahasa Arab Unisma), Ahmad Fatoni, Lc.,M.Ag (Ketua Prodi Pendidikan Bahasa Arab UMM), dan Agung Prasetiyo, M.Pd (Dosen Bahasa Arab UIN Malang).

Ali Ma’sum, S.Pd., M.A. selaku ketua panitia sekaligus ketua tim peneliti menyampaikan, hasil penelitian ini kerjasama antara Prodi Bahasa Arab UM dengan Prodi Bahasa Arab UIN Malang, Unisma, dan UMM.

Wakil Dekan I Fakultas Sastra UM,  Dr. Primardiana H.W., M.Pd, saat membuka acara menyampaikan terima kasih kepada tim peneliti.  Dia mengapresiasi kegiatan tersebut sebagai bentuk FGD penelitian kerjasama,  karena bisa memperkuat  program Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yaitu Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka (MBKM).

Dr. Hanik Mahliatussikah, M.Hum, memaparkan konsep pembelajaran bahasa Arab berbasis e-learning, macam-macam e-learning, tujuan pembelajaran dengan e-learning, manfaat e-learning, aplikasi yang digunakan dalam e-learning dan program e-elarning yang digunakan di UM, yaitu Sistem Pengelolaan Pembelajaran (Sipejar).

Materi kedua yang disampaikan Agung Prasetiyo, M.Pd,  membahas tentang Pembelajaran Bahasa Arab Online di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Pada paparannya, dia  menyampaikan kebijakan pelaksanaan pembelajaran daring di UIN Malang, aktivitas pembelajaran, pembelajaran bahasa Arab online di UIN Malang, dan aplikasi pendukung proses pembelajaran bahasa Arab.

Kegiatan ini mendapat apresiasi positif dari para peserta. Ini dilihat dari banyaknya peserta yang bertanya dan memberikan komentar pada kegiatan tersebut. Peserta berharap kegiatan serupa bisa dilaksanakan lagi agar kompetensi guru bahasa Arab bertambah. (div/mat)