TABLOID JAWA TIMUR

Informasi Daerah Jawa Timur

PT. KAI Bangun Stasiun Baru di Malang

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR. COM – PT. Kereta Api Indonesia (KAI) bertekad terus meningkatkan pelayanan terhadap penumpang. itu dibuktikan dengan dilakukannya pengembangan, berupa pembangunan gedung Stasiun Kota Baru, Malang, di sisi sebelah timur.

 

Peletakan batu pertama pembangunan pengembangan Stasiun Kota Malang.

 

Executive Vice President PT KAI Daop 8 Surabaya, Suryawan Putra Hia menjelaskan, pengembangan pembangunan stasiun, berdasarkan kebutuhan yang sudah direncanakan sejak tahun 2015. Diperkirakan, gedung baru sudah bisa dioperasionalkan Hari Raya tahun depan.

“Stasiun Malang kategori type A yang terus berkembang. Jumlah penumpang, mengalami peningkatan dalam setiap tahunnya. Karena itu, dilakukan perluasan pembangunan gedung. Hari ini dilakukan peletakan batu pertama pembangunan Stasiun Malang,” tuturnya di sela-sela acara groundbreaking pembangunan stasiun, Selasa (24/09/2019).

Executive Vice President PT KAI Daop 8 Surabaya, Suryawan Putra Hia para Direksi dan Wali Kota Malang melakukan Groundbreaking pembangunan Stasiun Malang.

Nantinya, konsep desain bangunan dengan sirkulasi pengkondisian udara dengan sistem go green. Pengembangan Stasiun Malang terintegrasi dengan bangunan penghuhung skybridge dari sisi timur dan sisi barat. Prosesi pembangunan dilakukan 2 tahap,  diawali dari sisi timur. Hadir dalam peletakan batu pertama, Wali Kota Malang Drs H. Sutiaji serta Direksi PT KAI.

“Layanan akan ditingkatkan, sehingga menjadi sarana transportasi yang dapat kompetitif dengan angkutan moda darat lainya. Selain itu, dapat membantu meningkatkan perekonomian Kota Malang dari sektor pariwisata. Ini juga menjadi kado di HUT PT KAI ke 74 Bagimu Negeri,” imbuh Manajer Humas Daop 8 Surabaya, Suprapto.

Jumlah penumpang di Stasiun Malang tahun 2018 berjumlah 1.787.286. Jumlah itu, mengalami kenaikan sekitar 21 persen jika dibanding tahun 2017. Untuk tahun 2019, periode Januari hingga Agustus,  sejumlah 533.409 orang. Jumlah itu diperkirakan akan terus mengalami kenailkan hingga akhir tahun.

Stasiun Malang memiliki 9 jalur kereta api. Lokasi sangat strategis dekat dengan Alun alun Bundar, komplek SMA Tugu, Gedung DPRD, Balai Kota Malang, Pasar Klojen, dan komplek markas Satuan di bawah Kodam V Brawijaya. Stasiun merupakan faktor penting transit wisatawan Kota Malang. (ide)