Pesona Pantai Lenggoksono

Pantai Lenggoksono, Purwodadi, Tirtoyudo, Malang, Jawa Timur.

Pada 2013 lalu, Pemerintah Kabupaten Malang, Jawa Timur telah mencanangkan Tahun Kunjungan Wisata dengan ikon “Kabupaten Malang sebagai Pesona Jawa Timur Yang Sesungguhnya.” Ini wajar, sebab semua potensi wisata memang ada di sini, mulai wisata buatan, wisata alam dan wisata budaya. Dari sekian banyak wisata alam yang dimiliki, salah satunya adalah Pantai Lenggoksono yang terletak di Desa Purwodadi, Kecamatan Tirtoyudo, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Jaraknya sekitar 60 Km atau sekitar 2,5 jam perjalanan dari pusat Kota Malang.

Sodik, Kepala Desa Purwo-dadi menjelaskan, di pantai ini, banyak titik wisata yang bisa dinikmati, mulai Air Terjun Banyu Anjlok, Mancing di tebing Pulau Kalong, Pantai Bolu-Bolu, Snorkling, Selancar, Diving, Penangkaran Udang Lobster, Pasir Putih, Goa Lowo, Teluk Bilik dan sebagainya. “Fasilitasnya memang belum terlalu lengkap. Tapi di sini sudah ada MCK. Kami juga menyiapkan papan selancar bagi yang suka berselancar,” katanya.
Tidak hanya itu. Menurut Sodik, untuk menuju lokasi wisata alam ter-sebut, wisatawan dapat mengguna-kan perahu nelayan sambil melewati tepi pantai dengan didampingi pe-mandu wisata. Untuk biayanya, wi-satawan dapat menggunakan sistem paket, yakni Rp 350.000/perahu un-tuk menikmati snorkling, Pantai BO-WELE (Bolu-Bolu, Wedi Awu dan Le-nggoksono), banyu anjlok. Atau da-pat juga memilih paket Rp 600.000/ perahu untuk semua titik wisata.
Sodik menambahkan, untuk mencapai lokasi Pantai Lenggok-sono, wisatawan melalui jalan rabat beton. Jaraknya dari Bedelan (jalan masuk desa) sampai ke pantai kurang lebih 6 Km. “Jalan ini dibangun oleh pemerintah,” harapnya. Saat libur lebaran kemarin, banyak juga wisatawan luar negeri yang datang ke Pantai Lenggoksono, seperti dari Aus-tralia 7 orang, Austria 3 orang dan Swiss 6 orang. Di sini mereka berselancar.*