TABLOID JAWA TIMUR

Informasi Daerah Jawa Timur

Petugas bersiap di pemakaman Sumbersekar.

Keluarga di Jakarta, Jenazah COVID-19 Tetap Dimakamkan

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR. COM – Satgas COVID-19 Desa Sumbersekar, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang, Jawa Timur, sempat mengalami kebingungan saat akan memakamkan jenazah yang terkonfirmasi COVID-19. Karena keluarga jenazah berada di Jakarta, sehingga satgas kesulitan saat akan meminta pertanggungjawaban proses administrasi pemakaman.

 

Petugas bersiap di pemakaman Sumbersekar.

 

JENAZAH yang dimakamkan Jumat (21/08/2020) ini merupakan warga Jakarta. Namun hampir sekitar setahun berdomisili di Dusun Semanding, Desa Sumbersekar, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang. Jenazah yang dinyatakan positif COVID-19 pada Rabu,  (19/08/2020) ini  dimakamkan di TPU Desa Sumbersekar dengan protokol kesehatan ketat.

Kendala administrasi pemakaman pria 51 tahun itu bisa teratasi setelah Pondok Ar Rohma Putra bersedia bertanggung jawab mewakili pihak keluarga. Semasa hidupnya, yang bersangkutan bekerja di Ar Rohma Putra yang berada di Dusun Semanding. Selain itu, diketahui juga sebagai pemilik Klinik Hidayatullah di Dusun Semanding, Sumbersekar.

“Jadi bukan warga sini. Atas nama kemanusian, kepala desa memperbolehkan jenazah dimakamkan di TPU Sumbersekar. Sebetulnya TPU Sumbersekar khusus untuk warga sini saja,” ujar Satgas COVID-19 Desa Sumbersekar, Mohammad Sokeh Jumat (21/08/2020) siang.

Proses pemakaman dilakukan Satgas COVID-19 dibantu petugas Puskesmas Dau. Saat ditemui usai melakukan pemakaman, Sokeh mengatakan, sepekan yang lalu, pria tersebut masuk kategori kasus suspek (PDP) karena menunjukkan gejala pneumonia.  Sehingga yang bersangkutan dirawat di RS UMM selama tiga hari. Lalu dirujuk ke RSU Karsa Husada Kota Batu selama empat hari. Dua hari sebelum meninggal, Rabu (19/08/2020), baru diketahui hasilnya positif COVID-19. Pada Jum’at pagi (21/08/2020) korban meninggal saat dirawat di RSU Karsa Husada.

“Dari Karsa Husada diantarkan pukul 13.00 WIB  ke TPU Sumbersekar. Langsung dimakamkan sekitar pukul 14.00 WIB,” kata Sokeh.  (div/mat)