Ikan Sengkaring di Sumber Jenon Tak Pernah Berkurang

Sumber Jenon, di Desa Gunung Ronggo, Kecamatan Tajinan, Kabupaten Malang yang bening dan bersih.

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR. COM – Sumber Jenon  yang berada di Desa Gunung Ronggo, Kecamatan Tajinan, Kabupaten Malang, Jawa Timur adalah salah satu mata air alami yang membentuk kolam. Kolam ini memiliki kedalaman sekitar 6,5 meter, panjang sekitar 50 meter, dan lebar 30 meter. Yang menarik, di sini ada ikan sengkaring yang diyakini memiliki usia ratusan tahun.

 

IKAN sengkaring memiliki warna hitam dan merah, berukuran sekitar 50 – 170 centimeter. Jumlahnya tak pernah berubah. Meskipun telah berkali-kali dipancing, jumlah ikan sengkaring tetap 37 ekor. Mengapa? “Tak ada yang tahu mengapa bisa begitu,” kata Soleh, salah satu pengunjung Sumber Jenon, Kamis (05/12/2019) siang.

Sumber Jenon, di Desa Gunung Ronggo, Kecamatan Tajinan, Kabupaten Malang yang bening dan bersih.

Di sumber yang dikenal keramat ini, juga terdapat batang pohon jenu yang membujur dari barat ke timur, sehingga menambah indah suasana alam di sekitarnya.

Tak butuh waktu lama untuk mencapai kawasan wisata yang sejuk dan asri ini. Dengan naik sepeda motor, dari Kota Malang, cukup makan  waktu sekitar 30 menit, melewati Cemoro Kandang, Kecamatan Tumpang, terus ke Tajinan. Jaraknya hanya sekitar 20 kilometer dari Kota Malang.

Wisatawan lokal menikmati permainan air di Sumber Jenon, Desa Gunung Ronggo, Kecamatan Tajinan, Kabupaten Malang.

Masuk ke kawasan ini hanya dikenakan tarif parkir sebesar Rp 5.000. Dari parkiran, akan melewati tangga menurun untuk bisa sampai ke lokasi mata air.

Kawasan ini sekarang juga semakin maju karena masyarakat desa dan perangkat desa bekerjasama membangun wisata desa. Ini sesuai dengan tiga program unggulan Pemerintah Kabupaten Malang, yakni pengentasan kemiskinan, melestarikan lingkungan hidup, dan meningkatkan pariwisata.

Potensi alam Sumber Jenon pun sangat mendukung, karena memiliki lansekap alam yang menawan. Airnya berwarna hijau kebiruan, jernih, dan eksotis. Terlihat sempurna dengan cahaya matahari yang memantul di permukaan airnya. Di sekelilingnya terdapat hamparan vegetasi hijau yang meneduhkan alam di sekitarnya.

Menikmati dunia bawah air di Sumber Jenon memang menyenangkan. Karena itu, tempat ini sangat menarik untuk dijelajahi. Di antara sumber mata air,  terdapat sejumlah kolam yang menjadi tempat perlintasan ikan air tawar kecil, termasuk  ikan sengkaring yang unik tersebut. (iko/mat)