TABLOID JAWA TIMUR

Informasi Daerah Jawa Timur

Bantuan untuk korban bencana angin kencang di Batu terus mengalir.

Gubernur Santuni Korban Angin Kencang di Batu

BATU, TABLOIDJAWATIMUR. COM – Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa memberikan santunan kepada korban meninggal dunia dalam musibah angin kencang di Dusun Talangrejo, Desa Gunungsari, RW. 05 / RT. 02, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Senin (21/01/2019).

 

Bantuan untuk korban bencana angin kencang di Batu terus mengalir.

 

MENURUT gubernur, setiap bencana alam, maupun bencana sosial, kewenangan ada di kabupaten/kota. Kalau areanya di lintas, maka otoritas tanggung jawab di tingkat pemrintah provinsi.

“Kalau lintas provinsi atau skalanya besar, maka itu di tingkat pusat. Jadi ada leveling. Untuk kasus Sumberbrantas, ini wilayah Kota Batu. Tetapi bagian kerelawanan dan kemanusiaan, saya tetap mohon masyarakat Jatim,” tutur Khofifah saat mengunjungi lokasi bencana angin kencang, Senin (21/10/2019).

Menurutnya, support itu penting. Karena di antara warga terdampak, ada yang rumahnya masih berdebu, gentengnya harus diganti, kacanya harus diganti, dan lainnya. Tiga hal insfrastruktur dasar masyarakat harus diprioritaskan. Mulai pendidikan, kesehatan dan layanan ibadah.

“Tempat ibadah, alhamdulillah, menurut Bu Wali Kota (Dewanti Rumpoko), keadaannya baik. Layanan kesehatan Puskesmas juga baik. Layanan pendidikan, rupanya ada SMP membutuhkan rekonstruksi segera,” lanjutnya.

Selain itu, Gubernur Jawa Timur dan rombongan meninjau beberapa lokasi pengungsian, dilanjutkan ke kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Batu. Pada kesempatan itu, sejumlah bantuan juga diberikan kepada para pengungsi. Bantuan itu berupa bahan keperluan para pengungsi serta uang tunai. (ide/mat)