TABLOID JAWA TIMUR

Informasi Daerah Jawa Timur

Tantri Dena Ambiko

Gadis Tuban Sabet Best Intelegensia Duta Budaya Jawa Timur

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR.COM – Tantri Dena Ambiko, mahasiswa Vokasi Universitas Brawijaya (UB) asal Tuban, Jawa Timur, berhasil menyabet Best Intelegensia Duta Budaya Jawa Timur 2021. Grand final dihelat di Hotel 88 Surabaya dan BG Junction Surabaya dengan protokol kesehatan ketat, Sabtu (12/06/2021).

 

Tantri Dena Ambiko.

 

“SAYA sangat bersyukur. Tidak menyangka menjadi Best Intelegensia Duta Budaya Jawa Timur 2021. Karena persiapan  sangat berdekatan dengan UAS (ujian akhir semester), sehingga harus fokus dan semangat yang lebih untuk menyeimbangkan keduanya,” kata tantri, belum lama ini.

Dalam lomba itu, mahasiswi Manajemen Perhotelan angkatan 2019 ini mengangkat kebudayaan Tuban.  Tantri merasa generasi muda bangsa pada era modern sedang berada di ambang melek budaya yang  kurang masif.

“Misalnya pada Batik Gedhog Tuban yang masih sering dianggap pakaian kuno. Sebenarnya,  melalui desain yang lebih modis dan elegan,  dapat membuat kesan Batik Gedhog menjadi trendsetter sekaligus dapat membangun UMKM perajin batik  serta penjahit lokal. Maka dari itu, dibutuhkan akulturasi budaya yang sesuai dengan era tanpa melupakan identitas budaya nusantara,” paparnya.

Gadis kelahiran Madiun, 4 April ini, aktif mengikuti berbagai kompetisi dan meraih berbagai prestasi. Di antaranya, juara 2 lomba penulisan LKTI nasional 2017, Best Favorite Duta Gemarikan Jawa Timur 2018,  juara 2 kreasi musik band se-Kerasidenan 2018,  juara 2 lomba menyanyi solo tembang kenangan Tuban 2018, dan juara uji cerdas cermat Tuban 2017.

Tantri berharap anak-anak muda terus aktif mengasah kemampuan dirinya dan tidak pernah malu mengenalkan budaya sebagai entitas bangsa.  “Kalau bukan kita yang memulai, siapa lagi?, ” katanya.  (div/mat)