Cegah Kerusakan Jalan, Normalisasi Drainase

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR. COM – Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga Kabupaten Malang, Jawa Timur  akan melakukan normalisasi drainase jalan agar jalan tidak mudah rusak.

 

Kadis PUBM Kabupaten Malang, Ir. Romdhoni.

KEPALA DPUBM Kabupaten Malang, Ir.Romdhoni mengatakan, idealnya, proses pembangunan jalan raya dan drainase berbanding lurus.

“Harusnya seperti itu. Setiap jalan yang dibangun harus mempunyai drainase, sehingga jika hujan, air tidak menggenang di badan jalan, dan potensi kerusakan bisa diminimalisir. Namun, kadang, untuk prioritas kepentingan dan keterbatasan anggaran, maka proses pembangunan jalan raya yang didahulukan,” terangnya, Senin (08/04/2019).

Berdasarkan data yang ada, panjang keseluruhan jalan Kabupaten Malang mencapai 1.668,76 kilometer. Sayangnya, hal ini tidak dibarengi dengan drainase yang memadai. Data tahun 2016, panjang drainase jalan yang dibangun hanya 34.000 meter atau 34 kilometer. Menyikapi hal ini, DPUBM akan membangun saluran drainase dan melakukan normalisasi drainase jalan.

“Kita akan tambah drainase. Selain itu kita akan lakukan normalisasi, mulai dari pengerukan ulang drainase yang sudah maupun pembersihan, sehingga optimal,” jelas Romdhoni.

“Selama ini,  alat berat kita, escavator kecil,  terus bergerak, melakukan normalisasi. Selain drainase, berem atau bahu jalan juga kita bersihkan dan kita papras, sehingga aliran air hujan bisa langsung mengalir, tidak memenuhi badan jalan,” pungkasnya. (diy)