Bupati Dukung Pengembangan Durian Ngantang

Bupati Malang, HM Sanusi dan Ketua PKK Kabupaten Malang, Hj. Anis Zaida disambut masyarakat Ngantang saat membuka Bazar Durian, Minggu (01/03/2020).

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR. COM – Bupati Malang, HM Sanusi membuka Bazar Durian dan Bibit Buah di Desa Jombok, Kecamatan Ngantang, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Minggu (01/03/2020). Sebanyak 35 peserta mengikuti event yang didukung Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Malang ini.

 

 

KETUA Panita Bazar Durian, Karji mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk mengangkat kembali potensi durian Ngantang yang salah satunya berada di Desa Jombok. “Harapan kami event ini dapat dilaksanakan setiap tahun. Kegiatan ini juga untuk mengangkat ekonomi masyarakat agar masyarakat tidak hanya menjual buah durian saja, tapi juga bibit durian dan aneka olahannya, baik makanan dan minuman dari buah durian,” katanya.

Bupati Malang, Sanusi menunjukkan durian Ngantang yang baru dibelah.

Karji menambahkan, di Desa Jombok ada pohon durian yang telah berusia lebih dari 70 tahun. Buahnya memiliki rasa yang istimewa. “Dari pohon tersebutlah yang ke depan akan kami kembangkan bibitnya sebagai salah satu durian unggulan di Desa Jombok pada khususnya,  dan Kecamatan Ngantang pada umumnya, ” terangnya.

Sementara itu, Bupati Malang, HM Sanusi berharap  agar pohon – pohon durian  yang memiliki buah yang sangat bagus dijaga dan dilestarikan. “Pemerintah Kabupaten Malang sangat mendukung kegiatan-kegiatan seperti ini. Maka dari itu pemkab akan berupaya membantu apa saja yang diperlukan untuk mengembangkan potensi di Desa Jombok, ” katanya.

Sanusi juga menginginkan agar durian Jombok dapat menjadi ikon bagi Kecamatan Ngantang.  Karena itu dia  memerintahkan kepada dinas terkait, dalam hal ini Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan (DTPHP), serta Dinas Bina Marga untuk memberikan dukungan agar durian ini dapat dikenal. (iko/mat)