BPBD dan PMI Berjibaku Bersihkan 9 Pohon Tumbang

Relawan BPBD dan PMI Kabupaten Malang membersihkan dan mengevakuasi pohon tumbang.

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR. COM – Hujan lebat disertai angin kencang yang melanda sejumlah wilayah Kabupaten Malang, Jumat (01/03/2019) membuat 9 pohon tumbang.

 

KEPADA awak media Kasubsi Penanggulangan Bencana PMI Kabupaten Malang, Mudji Utomo menyatakan setidaknya ada dua wilayah berbeda yang mengalami pohon tumbang karena hujan deras disertai angin kencang.

“Akibat hujan deras siang tadi di Curungrejo, Kepanjen ada dua pohon yang roboh melintang di jalan raya. Sedangkan di Desa Sukorejo, Kecamatan Gondanglegi ada 7 pohon yang roboh sehinga arus lalu lintas arah Kepanjen – Gondanglegi sempat macet total,”tutur Mudji Utomo.

Awalnya personil PMI dan Badan Penangulanggan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang, pukul 14.00 melakukan proses pembersihan dan evakuasi di Desa Curungrejo, Kecamatan Kepanjen. “Belum selesai melakukan pembersihan di Curungrejo, ada laporan masuk di Desa Sukorejo, Gondanglegi banyak pohon tumbang,” jelas pria yang akrab dengan awak media.

Tanpa istirahat, relawan BPBD dan PMI Kabupaten Malang langsung bergerak menuju Sukorejo. Ditenggah guyuran hujan, mereka bahu membahu membersihkan dan mengevakuasi batang pohon yang tumbang. “Pukul 16.00 arus lalu lintas Gondanglegi-Kepanjen sudah berangsur normal,” kata pria yang akrap disapa Mbah Tomo.

Beruntung banyaknya pohon yang tumbang ke jalan raya tidak sampai menimbulkan korban. “Nihil korban baik manusia maupun materiil, tapi dengan kondisi seperti ini masyarakat harus lebih waspada dan berhati-hati saat berkendara di tenggah hujan lebat,”pesan relawan senior PMI Kabupaten Malang. (diy)