Awalnya Dicibir, Kini Sukses Kembangkan Kerajinan Metal Craft

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR. COM – Pada era jaman Milenial ini, semakin banyak berkembang cabang aliran seni alternatif dari induknya berupa handicraft. Salah satu yang kini semakin diminati dan prospektif adalah kerajinan seni metal craft.

 

 

Yudha, Pengrajin Metal Craft.

MESKI tidak banyak alias masih bisa dihitung dengan jari, namun Yudha Esha Putra Arumraga pria asli Turen Kabupaten Malang ini bertekad menekuni kerajinan langka ini. Lelaki yang tinggal di jalan kembang  RT 03 RW 03 Desa Talok Kecamatan Turen Kabupaten Malang ini meyakini jika kerajinan ini ke depan bisa berkembang dan prospektif.

Ayah satu putra ini menggeluti bidang las sejak tahun 2010 saat bekerja di kontraktor alat berat sebagai operator dan mekanik tower crane. Hingga akhirnya, pada tahun 2015 merupakan titik awal berdirinya workshop TOEKANG LAS MBOIS METAL CRAFT WORKS yang fokus pengerjaan seni kerajinan besi.

Industrial furnitur hasil karya Yudha.

Meski komunitas ini swadaya dan mandiri, dengan penuh perjuangan akhirnya mampu mengerjakan barang pesanan customer. Terutama custom order untuk frame motor custom dan industrial furnitur.

Selain itu dirinya juga melayani jasa yang berhubungan dengan skill pengelasan. Meski dulunya ia hobi memahat kayu, namun kini dia mengaku aliran seni fokus  ke metal craft works atau pekerjaan kerajinan berbahan dasar besi atau metal.

Yudha saat mengerjakan pesanan frame motor custom.

Yudha mengungkapkan dirinya berkreasi karena bidang pekerjaan ini sesuai dengan passion dan jiwa seni yang dimiliki. Ia berharap agar masyarakat tahu bahwa  seni custom itu universal tidak hanya terkotak-kotak dalam 1 aliran saja.

Terkait cita-cita, ke depan ia ingin lebih giat lagi mendalami seni custom dengan menggabungkan berbagai macam bahan untuk menciptakan produk sesuai kebutuhan dengan mengedepankan estetika dari seni custom metal craft itu sendiri. Selama menggeluti dunia seni custom pada awalnya banyak yang memandang sebelah mata karena dinilai nyeleneh dan kurang menarik.

Namun karena sudah menjadi passion, dirinya menjalaninya dengan perasaan suka dan menjadikan cibiran orang sebagai pelecut untuk lebih giat menggali potensi diri dan skill.

” Alhamdulillah sekarang banyak pesanan dari customer. Contohnya  frame motor custom dan industrial furnitur dari seluruh Indonesia,” tandas Yudha mengakhiri. (hadi)