74 Orang Malang Dapat SIM Gratis

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR. COM – Kepolisian Republik Indonesia menggratiskan biaya pembuatan SIM bagi warga kelahiran tangal 1 Juli. Penggratisan ini terkait peringatan Hari Bhayangkara ke-74 yang dilakukan serentak di seluruh Indonesia, termasuk di Kota Malang, Jawa Timur.

 

Kapolresta Malang Kota, Kombes Pol Leonardus Simarmata meninjau pembuatan SIM di kantor Satpas.

 

“PENGURUSAN SIM gratis ini sebagai salah satu apresiasi kepada masyarakat. Program ini untuk menjaga hubungan baik antara Polri dan masyarakat. Ada sekitar 74 orang terkofirmasi berulang tahun di HUT Bhayangkara ke 74, tanggal 1 Juli 2020 ini, ” terang Kapolresta Malang Kota, Kombes Pol Leonardus Simarmata, saat meninjau pembuatan SIM di kantor Satpas, Selasa (30/06/2020).

Ia menambahkan, pemberian SIM gratis ini  tidak hanya pemohon baru. Bagi yang perpanjangan di hari lahir 1 Juli juga diberi biaya gratis. Penggratisan ini  tidak termasuk pembuatan SIM. Sehingga, pemohon baru tetap harus mengikuti proses ujian nornal, sebagimana mestinya.

“Kalau untuk perpanjangan, bisa langsung. Tidak harus dengan ujian. Karena semua sudah otomatis terbayarkan,” lanjutnya.

Sebelumnya, Satlantas Polresta Malang Kota memberikan SIM gratis kepada warga Kota Malang. Caranya, warga menyerahkan identitasnya yang lahir tanggal 1 Juli.

Selain itu masyarakat yang mengajukan SIM harus dalam keadaan sehat jasmani dan rohani. Membawa surat keterangan sehat,  dan membawa persyaratan lainnya. (ide/mat)