25 April 2024

`

UKW Angkatan 54 – 55, Dibuka Sekda Kota Malang

2 min read

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR.COM – Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Malang Erik Setyo Santoso membuka pelaksanaan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Malang Raya angkatan 54-55, di hotel Aria Gajayana, Jumat 17 November 2023.

 

Pelaksanaan pembukaan UKW PWI Malang Raya.

 

SEKDA Kota Malang berharap, UKW wartawan bisa menghasilkan karya jurnalistik yang lebih berkualitas. Terlebih, bisa mengedukasi masyarakat melalui produk jurnalistik, yang dihasilkan.

“UKW ini, diharapkan bisa mengedukasi masyarakat. Dalam pengumpulan data, tak jarang dihadapkan pada informasi yang kurang dipertanghungjawabkan. Ini yang perlu disaring,” terang Sekda, saat membuka UKW PWI Malang Raya, Jumat 17 November 2023.

Apalagi, jika penggalian informasi menggunakan teknologi informasi. Keyword yang diinput di mesin pencari, menampilkan rekomendasi, yang masih harus diolah.

“Mencari informasi, biasanya menggunakan googling. Apa yang sudah tertulis, akan membentuk persepsi, opini atau langkah selanjutnya. Jadi, wartawan berkewajiban menyediakan informasi yang berkualitas. Salah satunya melalui UKW,” lanjutnya.

Sementara, Ketua PWI Jawa Timur Lutfil Hakim menyampaikan apresiasi terselenggaranya UKW PWI Malang Raya angkatan 54-54. Kata dia, UKW yang konsisten digelar, bukti kepedulian untuk memperhatikan kualitas.

“Ini bukti, PWI Malang Raya dan seluruh stakeholder di Kota Malang memperhatikan kualitas pers di Malang,” katanya.

Bahkan, tambah Lutfil, PWI Malang Raya, menjadi lembaga yang dinilai sangat berkontribusi dalam profesi jurnalis. Dinamikanya terus terjadi di Indonesia, termasuk di Kota Malang.

“Mudah-mudahan, apa yang kita lalukan bersama melalui UKW, bisa memberikan klarifikasi kepada publik,” lanjutnya.

Ketua PWI Malang Raya, Cahyono menegaskan, UKW angkatan 54-55, panitia membuka 6 kelas. 2 kelas jenjang utama, 2 kelas jenjang madya dan 4 kelas jenjang muda.

“Totalnya 48 orang. Beberapa peserta, juga ada yang menjadi Ketua PWI. Seperti Ketua PWI Sumenep dan Ketua PWI Jember. Nantinya, semua peserta UKW angkatan 54-55 bisa lulus dan dinyatakan berkompeten,” pungkasnya.(aji)