20 Juli 2024

`

Lebih Dari 1.300 Peserta Ikuti Kejuaraan Bulutangkis Bupati Malang Cup

2 min read

MALANG | TABLOIDJAWATIMUR.COM – Peserta Kejuaraan Bulutangkis Bupati Malang Cup Open Nasional yang digelar Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) Kabupaten Malang, Jawa Timur, di GOR Unggul Sport Center (USC), Karanglo, Singosari, 18 – 23 Desember 2023, membludak. Bahkan jumlah pesertanya lebih banyak daripada Piala Gubernur Jatim.

 

Panitia Bupati Malang Cup menggelar rapat di Sekretariat PBSI, Jl. Jaya Simandara 1 Blok 6 C No. 16, Sawojajar 2, Desa Sekarpuro, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang, Minggu (10/12/2023) petang.

 

MENURUT Ketua Panitia Bupati Malang Cup, Rahmat, setelah pendaftaran ditutup pada Selasa (11/12/2023) malam, pukul 23.59 WIB, jumlah peserta pembinaan yang terdiri dari pra dini, dini, anak, pemula, remaja, dan taruna untuk semua kategori, baik tunggal maupun ganda, sebanyak 1.211 peserta. “Ini jumlah peserta lo, bukan atlet,” katanya, Rabu (13/12/2023) siang.

Ketua Umum PBSI Kabupaten Malang 2023 – 2027, H. Imam Sumantri, ST, MT, MH.

Artinya, peserta itu bisa tunggal (singel) bisa juga ganda (dobel). Kalau tunggal, dihitung satu atlet. Tapi kalau ganda, dihitung dua orang atlet. “Sehingga dari kelompok pembinaan saja, jumlah atlet yang turun di kejuaraan ini sekitar 1.500 an orang. Padahal, menurut informasi yang kami terima, saat Piala Gubernur di Surabaya beberapa pekan lalu, pesertanya 1.056 peserta,” jelas Rahmat.

Rahmat menambahkan, sebanyak 1.211 peserta Bupati Malang Cup ini belum ditambah kelompok dewasa dan veteran. “Sampai Rabu (13/12/2023) malam, jumlah peserta dewasa dan veteran sebanyak 90 peserta. Sehingga jumlah total sekitar 1.300 peserta,” katanya.

Banyaknya jumlah peserta dalam kejuaraan yang baru pertama kali digelar PBSI Kabupaten Malang ini, menurut Ketua Umum PBSI Kabupaten Malang, H. Imam Sumantri, ST, MT, MH, disebabkan banyak faktor. Di antaranya, event ini digelar bertepatan dengan libur sekolah, libur natal dan tahun baru. Selain itu karena evennya digelar di Malang yang dikenal sebagai daerah wisata, sehingga setelah bertanding ada kemungkinan peserta langsung liburan di Malang yang memang punya banyak destinasi wisata. “Kemungkinan lain, karena hadiah yang disediakan cukup besar, total Rp 163 juta,” terangnya.

Seperti diberitakan, dalam rangka ikut menyemarakan Hari Jadi Kabupaten Malang ke-1263 tahun 2023, Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) Kabupaten Malang, Jawa Timur, menggelar kejuaraan bulutangkis Bupati Malang Cup, di GOR Unggul Sport Center (USC), Karanglo, Singosari, 18 – 23 Desember 2023.

Ketua Umum PBSI Kabupaten Malang, H. Imam Sumantri, ST, MT, MH, menjelaskan, event ini digelar secara terbuka (open), sehingga boleh diikuti oleh siapa pun, dari mana pun. “Jadi, siapa pun dan dari mana pun boleh mengikuti kejuaraan ini. Pesertanya tidak dibatasi dari Malang Raya saja, tapi atlet dari daerah lain pun boleh mengikutinya,” katanya ditemui di Sekretariat PBSI, Jl. Jaya Simandara 1 Blok 6 C No. 16, Sawojajar 2, Desa Sekarpuro, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang. (bri/mat)