25 April 2024

`

Bupati Usul, Anak Kecil Boleh Masuk Masjid

2 min read

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR.COM – Bupati Malang, HM Sanusi, mengusulkan agar anak-anak kecil diperbolehkan masuk masjid. Jangan sampai mereka malah disuruh keluar, hingga akhirnya mereka pulang atau malah ramai di belakang. Hanya saja, saat sholat, sebaiknya tidak  di depan, tapi cukup  di shof belakang.

 

Bupati Malang, HM Sanusi memberikan ucapan selamat kepada pengurus PD DMI Kabupaten Malang, Jawa Timur yang baru dilantik.

 

HAL  INI disampaikan saat menghadiri pelantikan Pimpinan Daerah Dewan Masjid Indonesia (PD DMI) Kabupaten Malang,  masa bhakti 2021 – 2026, di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Malang,  Kepanjen, Jawa Timur, Sabtu (14/05/2022) siang.

Pimpinan Harian PD DMI Kabupaten Malang yang dilantik Wakil Ketua PW DMI Jawa Timur, KH. M. Sudja’, di antaranya, Drs. KH. Imam Sibaweh (Ketua), Drs. H. Syaiful Efendi, M.Si (Wakil Ketua I), Drs. Syaiful Arifin (Wakil Ketua II), H. Maman Satuman (Sekretaris), Pujiono (Bendahara), serta jajaran pengurus lainnya.

Pimpinan Harian PD DMI Kabupaten Malang yang dilantik Wakil Ketua PW DMI Jawa Timur, KH. M. Sudja’, di antaranya, Drs. KH. Imam Sibaweh (Ketua), Drs. H. Syaiful Efendi, M.Si (Wakil Ketua I), Drs. Syaiful Arifin (Wakil Ketua II), H. Maman Satuman (Sekretaris), Pujiono (Bendahara),  serta jajaran pengurus lainnya di masing-masing bidang.

“Saya mengusulkan ke depan, barangkali anak kecil diperbolehkan masuk masjid. Misalnya, dengan menggerakkan kembali Taman Pendidikan Al Quran (TPQ). Jangan sampai anak-anak ini kalau masuk masjid malah disuruh keluar. Saat sholat, anak kecil tidak boleh di depan, tapi  harus di belakang,” jelas Bupati Malang.

HM Sanusi yang juga selaku Pembina PD DMI Kabupaten Malang ini menjelaskan pengalamannya saat berkunjung ke Masjid Nabawi dan Masjidil Haram. “DI sana, anak-anak kecil  justru diberi kesempatan mengaji di dalam masjid. Karena itu saya berharap, PD DMI mampu menghidupkan kembali kegiatan pendidikan di dalam masjid bagi anak-anak sehingga lebih memakmurkan masjid,” jelasnya.

“Sebab,  kelak,  yang akan mengisi masjid, ya anak-anak kecil yang kita didik ini. Dan kalau sudah besar,  mereka akan mencintai masjid. Tentunya hal ini harus menjadi pemikiran bersama,  karena pendidikan itu dimulai sejak kecil hingga akhir hayat,” harapnya sembari menyebut Pemerintah Kabupaten Malang juga akan siapkan program untuk memberikan dukungan atas keberadaan masjid se Kabupaten Malang yang berjumlah kurang lebih 2.688 masjid.

Kepada pengurus yang baru dilantik, HM Sanusi berharap agar DMI  harus selalu berkembang. “Selamat dan sukses atas dilantiknya Pimpinan Daerah DMI Kabupaten Malang Masa Bhakti 2021 – 2026,” katanya. (iko/mat)