23 April 2024

`

BPS Kabupaten Malang Rilis KMDA 2024

2 min read

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR.COM – Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Malang, Jawa Timur, merilis publikasi Kabupaten Malang Dalam Angka (KMDA) tahun 2024 pada website resmi BPS Kabupaten Malang (malangkab.bps.go,id), Rabu (28/02/2024).

 

MELALUI pers rilis yang diterima redaksi tabloidjawatimur.com, Rabu (28/02/2024) siang, Kepala BPS Kabupaten Malang, Erny Fatma Setyoharini, menjelaskan, publikasi Kabupaten Malang Dalam Angka 2024 (KMDA 2024) merupakan publikasi tahunan yang diterbitkan BPS Kabupaten Malang pada Februari 2024.

Kepala BPS Kabupaten Malang, Erny Fatma Setyoharini.

“Penerbitan di awal tahun dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan pengguna data, khususnya pemerintah sebagai pengambil kebijakan dan bahan perencanaan di awal tahun,” katanya.

Perempuan berhijab ini menambahkan, sumber data KMDA 2024 bukan hanya dari hasil sensus/survey yang dilakukan BPS Kabupaten Malang, tetapi juga dari instansi vertikal dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang ada di lingkungan Kabupaten Malang.

Erny mengatakan, sebelum merilis KMDA 2024, BPS Kabupaten Malang mengadakan Focus Group Discussion (FGD), mengundang dinas/instansi kontributor data Kabupaten Malang Dalam Angka, membahas data Kabupaten Malang Dalam Angka.

Tujuannya, agar BPS Kabupaten Malang dapat menyusun publikasi KMDA tahun 2024 dengan data yang lebih akurat dan dapat dipertanggungjawabkan hasilnya kepada pemerintah daerah dan masyarakat.

Publikasi Kabupaten Malang Dalam Angka (KMDA) 2024 ini berisi geografi dan iklim, pemerintahan, penduduk dan ketenagakerjaan, sosial dan kesejahteraan rakyat, pertanian, kehutanan, peternakan, dan perikanan, industri, pertambangan, energi, dan sebagainya.

Kepala BPS Kabupaten Malang, Erny Fatma Setyoharini, menjelaskan, publikasi Kabupaten Malang Dalam Angka (KMDA) 2024, diterbitkan dengan dua tujuan utama. Pertama, mendokumentasikan data tentang keadaan Kabupaten Malang dari berbagai sumber agar bisa dimanfaatkan oleh masyarakat luas.

Kedua, membangun suatu paket rujukan data sehingga para penentu kebijakan dan pembuat keputusan lingkup Kabupaten Malang berdasarkan data. “Publikasi Kabupaten Malang Dalam Angka 2024 dapat diunduh gratis pada https://malangkab.bps.go.id/publication/2024/02/28/25a88d5c09160a3d50510b18/kabupaten-malang-dalam-angka-2024.html dan pada aplikasi berbasis android yang bisa diinstall d playstore Damas Kanjuruhan,” terangnya. (iko/mat)