22 April 2024

`

PNS Pemkot Malang Dapat Bantuan Rumah

2 min read

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR.COM – Sejumlah Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemerintah Kota Malang, Jawa Timur, yang belum mempunyai rumah pribadi, mendapat bantuan rumah subsidi dari pemerintah di Jl. Bandulan Baru RT 01 / RW 08, Kelurahan Bandulan, Kecamatan Sukun, Kota Malang. Bantuan diserahkan Wali Kota Malang, H. Sutiaji, Jumat (25/08/2023) siang.

 

Wali Kota Malang, H. Sutiaji, menyerahkan bantuan subsidi rumah untuk PNS di lingkungan Pemkot Malang, Jawa Timur, Jumat (25/08/2023) siang.


MENURUT
Wali Kota Malang, H. Sutiaji, bantuan perumahan bagi PNS ini sebagai bukti kepedulian negara terhadap para ASN di lingkungan Pemkot Malang yang belum mempunyai rumah. “Bantuan subsidi perumahan ini diberikan untuk mereka yang sudah melayani masyarakat namun belum punya rumah. Kami menyiapkan tempat dan fasilitasnya, seperti jalan, ” terangnya.

Ia menambahkan, kriteria PNS yang menerima subsidi perumahan adalah para PNS yang memang tidak punya rumah, mulai golongan 1, 2, bahkan golongan 1D, yang biasa kontrak Rp 6 juta per tahun. “Angsuranya hanya Rp 1 juta flat sampai 10 tahun. Diharapkan mereka yang melayani masyarakat sudah tidak mikir rumah lagi,” lanjutnya.

Disinggung spesifikasi bangunan, wali kota menyebut, tiap rumah ada 2 kamar dan 1 kamar mandi. Sedangkan untuk dapur, bisa menggunakan lahan yang masih kosong. Karena total lahan per unit 66 meter persegi. Sedangkan yang terbangun rumah hanya 36 meter. “Jadi, sisa tanah kosongnya 30 meter. Itu mungkin bisa dibuat dapur. Total rumah rencananya 560 unit. Untuk tahap pertama 160 unit,” jelasnya.

Terkait harga, masih kata wali kota, sekitar Rp 150.500.000. Sedangkan untuk realisasi yang akan datang, mengikuti harga baru, yakni Rp 162 juta. Sedangkan cicilannya, sesuai dengan tenor kredit, diperkirakan masih di bawah Rp 1 jutaan/bulan.

Sementara itu, penyerahan bantuan subsidi perumahan dilakukan secara simbolis kepada pegawai yang bekerja di lingkungan Dinas Lingkungan Hidup, tukang kebun SDN di Kecamatan Lowokwaru, dan pegawai di kantor kelurahan. (aji/mat)