Warganet Geger, Postingan Medsos Simulasi Perang Udara

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR. COM – Netizen dan warganet Malang Raya dibuat penasaran dengan apa yang sedang terjadi beberapa hari terakhir ini. Hal ini karena pada wilayah kecamatan pakis Kabupaten Malang dan sekitarnya terdengar deru suara mesin di udara yang sesekali bergemuruh dan menggelegar.

 

 

TAK AYAL adanya fenomena ini menjadikan ratusan warganet utamanya anggota grup komunitas peduli Malang (ASLI Malang) berposting membanjiri medsos dengan menanyakan apa yang sebenarnya sedang terjadi. Namun keingintahuan dan rasa penasaran warganet tersebut terobati karena salah satu anggota dengan akun bernama Noer Yusuf mencoba memberikan penjelasan.

Penjelasan tersebut berupa screenshot dari akun Twitter TNI Angkatan Udara @TNI AU yang memberikan penjelasan dengan singkat dan padat.

“Para prajurit TNI AU sedang menyimulasikan serangan udara langsung untuk operasi perebutan dan pengendalian pangkalan udara (OP3U) oleh pasukan para komando #angkasayudha 2019.”

Begitu bunyi postingan yang diunggah di grup komunitas peduli Malang (ASLI Malang). Saat berita ini dinaikkan, tidak kurang ada sebanyak 224 komentar netizen dan 74 kali dibagikan. Adanya penjelasan tersebut memantik beragam respon positif dari warganet Malang raya.

Salah satunya akun bernama Ayu Green Bean berkomentar, ” Semangat tentara langitku. Hal senada dikatakan akun Ririn, ” Bravo TNI AU,”.

Seperti diketahui, dilansir dari laman media online, Selasa (16/7/2019), pesawat-pesawat tempur super canggih milik TNI AU tersebut menderu dan adu ketangkasan di langit Jawa Timur (Jatim). Puluhan pesawat tempur canggih ini, hadir di Lanud Iswahjudi, dan Lanud Abdulrachman Saleh Malang, untuk melaksanakan latihan tempur TNI AU, Angkasa Yudha 2019.

Persiapan untuk menggelar latihan tempur Angkasa Yudha 2019, menurut Kepala Penerangan Lanud Iswahjudi, Letkol Sus. Hamdi Londong Alo sudah dilaksanakan dengan apel gelar pasukan. Bertindak sebagai inspektur upacara adalah Komandan Komando Operasi TNI AU II, Marsda TNI Dony Ermawan.

“Latihan Angkasa Yudha, merupakan latihan terbesar yang dilaksanakan TNI AU, dengan melibatkan semua alat utama sistem senjata (Alutsista) baik tempur, angkut, heli, maupun radar, serta satuan Paskhas TNI AU,” ujarnya.(hadi)