Warga Kabupaten Malang Sambut Api Asian Games 2018

MALANG, TABLOIDJAWATIMUR. COM – Penyambutan dan kirab api abadi obor Asian Games 2018 dilakukan secara meriah oleh jajaran Pemerintah Kabupaten Malang, Jawa Timur, di depan kantor Kecamatan Kepanjen, Jumat (20/07/2018).

 

Penyerahan api abadi obor Asian Games 2018 oleh panitia Inasgoc kepada Bupati Malang, Dr. H. Rendra Kresna.

 

Sekretaris Dispora Kabupaten Malang Abdul Haris.

DIPIMPIN Bupati Malang, Dr. H. Rendra Kresna, jajaran FORPIMDA sudah menunggu sejak siang. Di antaranya, Dandim 0818 Malang-Batu Letkol (Inf). Ferri Muzawwad, Kapolres Malang, AKBP Yade Setiawan Ujung dan Ketua DPRD Hari Sasongko.

Kurang lebih pukul 16.00 WIB api yang diambil dari sumber api abadi di Mrapen, Grobogan, Jawa Tengah, tiba di panggung kehormatan, dan langsung diserahterimakan kepada Bupati Malang.

Tari-tarian menyambut api abadi obor Asian Games 2018 di Kepanjen, Kabupaten Malang.

Selanjutnya api abadi yang nantinya akan digunakan untuk menyalakan obor Asian Games di Jakarta 18 Agustus – 02 September 2018, menjalani prosesi kirab di seputaran Kecamatan Kepanjen.

Setelah itu,  api abadi obor Asian Games 2018  dibawa ke Kota Malang dari Pos 2 di Jalinbar Kepanjen dan akan diserahkan kepada Pemerintah Kota Malang, yang prosesi penyerahan dilakukan di Kacuk, Kelurahan Kebonsari, Kecamatan Sukun.

Menurut Sekretaris Dinas Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Malang, Abdul Haris, Torch Relay Asian Games akan menjalani rute sejauh 2,5 km. “Memang rutenya hanya sejauh 2,5 km, dari Pos 1 di depan kantor Kecamatan Kepanjen menuju Pos 2 di Jalinbar. Selanjutnya dari sana akan langsung menuju Kota Malang, dan akan ada diserahterimakan  di Kacuk,” terangnya.

Setelah menjalani prosesi kirab di Kota Malang, api abadi obor Asian Games 2018 akan diinapkan semalam di Balai Kota Malang. “Besok,  pukul 01.00 WIB , api abadi obor Asian Games akan dibawa oleh Tim Inasgoc dari Balai Kota Malang menuju Probolinggo lewat Gunung Bromo,”jelas Abdul Haris.

Dengan adanya Torch Relay Asian Games 2018 yang melewati Malang, diharapkan akan menimbulkan semangat untuk lahirnya atlit nasional dari Malang. “Kami berharap, semangat untuk melahirkan atlit nasional akan menyala dengan Api Abadi Obor Asian Games 2018 yang melewati Kabupaten Malang. Semoga semangat untuk berprestasi tidak pernah padam,”tegas mantan Kepala UTD Stadion Kanjuruhan Kepanjen ini.

Proses penyambutan dan kirab Api Abadi Asian Games 2019 dilakukan secara meriah oleh masyarakat Kabupaten Malang. Ratusan pelajar dari SD sampai SMP rela berpanasan memenuhi pinggir jalan di Kepanjen demi menyambut Api Abadi Asian Games 2018.

Di Indonesia,  penyelengaraan pesta olah raga terbesar di Asia ini adalah yang kedua kalinya. Pertama diadakan Asian Games di Indonesia  pada tahun 1962.  (diy)